BAB I KAJIAN TEORI A Gerakan Sekolah Menyenangkan 1 Pengertian Gerakan Sekolah Menyenangkan Gerakan Sekolah Menyenangkan adalah manifestasi dari pembelajaran aktif active learning Dengan begitu guru seharusnya dapat menerapkan pembelajaran aktif sebagai landasan dalam melaksanakan Gerakan Sekolah Menyenangkan Silberman 1996 menggambarkan bahwa saat belajar aktif para siswa melakukan banyak kegiatan dan menggunakan otak untuk mempelajari ide ide memecahkan permasalahan dan menerapkan apa yang mereka pelajari Belajar aktif adalah mempelajari dengan cepat menyenangkan penuh semangat dan terlibat secara pribadi untuk mempelajari sesuatu dengan baik Didukung oleh Mayer 2004 yang mengatakan bahwa siswa aktif tidak hanya sekedar hadir di kelas menghafalkan dan akhirnya mengerjakan soal di akhir pelajaran Siswa harus terlibat aktif baik secara fisik maupun mental Siswa semestinya juga aktif melakukan praktik dalam proses pembelajaran Gerakan Sekolah Menyenangkan di Madrasah Ibtidaiyah 1BAB I KAJIAN TEORI A Gerakan Sekolah Menyenangkan 1 Pengertian Gerakan Sekolah Menyenangkan Gerakan Sekolah Menyenangkan adalah manifestasi dari pembelajaran aktif active learning Dengan begitu guru seharusnya dapat menerapkan pembelajaran aktif sebagai landasan dalam melaksanakan Gerakan Sekolah Menyenangkan Silberman 1996 menggambarkan bahwa saat belajar aktif para siswa melakukan banyak kegiatan dan ...menggunakan otak untuk mempelajari ide ide memecahkan permasalahan dan menerapkan apa yang mereka pelajari Belajar aktif adalah mempelajari dengan cepat menyenangkan penuh semangat dan terlibat secara pribadi untuk mempelajari sesuatu dengan baik Didukung oleh Mayer 2004 yang mengatakan bahwa siswa aktif tidak hanya sekedar hadir di kelas menghafalkan dan akhirnya mengerjakan soal di akhir pelajaran Siswa harus terlibat aktif baik secara fisik maupun mental Siswa semestinya juga aktif melakukan praktik dalam proses pembelajaran Gerakan Sekolah Menyenangkan di Madrasah Ibtidaiyah 1