BAB I PENDAHULUAN S ejarah Surakarta memiliki dinamika yang luas baik dalam konteks sosial budaya ekonomi politik maupun agama Kota budaya tersebut telah menjadi miniatur penting bagi eksistensi sosial masyarakat Jawa yang hierarkis dan sekaligus menjadi ruang bagi pergerakan politik dan keagamaan baik yang ortodok modernis maupun revolusioner Surakarta merupakan kota tradisonal Jawa yang memiliki makna penting dalam sejarah perkembangan gerakan Islam dan politik di Indonesia Sebagai kota tradisional Surakarta menyimpan jejak jejak sejarah perkembangan Islam di Jawa 1 Islamisasi di Surakarta berjalan seiring dengan perjalanan politik kekuasaan raja raja Islam Jawa Proses islamisasi yang terjadi di Surakarta bercorak adaptif dan kompromis sehingga membuahkan corak keberagamaan yang khas sinkretik dan unik yang oleh Wertheim disebut sebagai Javanisme atau Agama Jawa 2 Proses islamisasi yang tidak konfrontatif 1 2 Setiap tempat di Nusantara yang pernah berdiri sebuah kerajaan tradisi sejarah terpelihara dengan baik terutama sejarah lokal yang sifatnya kraton sentris Hoesein Djajadiningrat Tradisi Lokal dan Studi Sejarah di Indonesia dalam Soedjatmoko et al ed Historiografi Indonesia Sebuah Pengantar Jakarta Gramedia Pustaka Utama 1995 hlm 58 W F Wertheim Indonesian Society in Ttransition a Study of Social Change Bandung W van Hoeve 1956 hlm 8 9 Koentjaraningrat menyebutnya dengan istilah Agami Jawi atau Kejawen Koentjaraningrat Kebudayaan Jawa Jakarta Balai Pustaka 1984 hlm 30 BAB I PENDAHULUAN S ejarah Surakarta memiliki dinamika yang luas baik dalam konteks sosial budaya ekonomi politik maupun agama Kota budaya tersebut telah menjadi miniatur penting bagi eksistensi sosial masyarakat Jawa yang hierarkis dan sekaligus menjadi ruang bagi pergerakan politik dan keagamaan baik yang ortodok modernis maupun revolusioner Surakarta merupakan kota ...tradisonal Jawa yang memiliki makna penting dalam sejarah perkembangan gerakan Islam dan politik di Indonesia Sebagai kota tradisional Surakarta menyimpan jejak jejak sejarah perkembangan Islam di Jawa 1 Islamisasi di Surakarta berjalan seiring dengan perjalanan politik kekuasaan raja raja Islam Jawa Proses islamisasi yang terjadi di Surakarta bercorak adaptif dan kompromis sehingga membuahkan corak keberagamaan yang khas sinkretik dan unik yang oleh Wertheim disebut sebagai Javanisme atau Agama Jawa 2 Proses islamisasi yang tidak konfrontatif 1 2 Setiap tempat di Nusantara yang pernah berdiri sebuah kerajaan tradisi sejarah terpelihara dengan baik terutama sejarah lokal yang sifatnya kraton sentris Hoesein Djajadiningrat Tradisi Lokal dan Studi Sejarah di Indonesia dalam Soedjatmoko et al ed Historiografi Indonesia Sebuah Pengantar Jakarta Gramedia Pustaka Utama 1995 hlm 58 W F Wertheim Indonesian Society in Ttransition a Study of Social Change Bandung W van Hoeve 1956 hlm 8 9 Koentjaraningrat menyebutnya dengan istilah Agami Jawi atau Kejawen Koentjaraningrat Kebudayaan Jawa Jakarta Balai Pustaka 1984 hlm 30