Sinopsis Buku: Buku ini berisi upaya penulis untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran yang kurang berpusat pada siswa. Penulis menggambarkan tantangan yang dihadapi pelajar dan guru, serta perubahan kurikulum yang memerlukan adaptasi dan penyesuaian dalam praktik pembelajaran. Dalam buku ini, penulis menjelaskan pentingnya mengembangkan proses pembelajaran yang tidak hanya efektif secara akademik, tetapi juga berkontribusi pada pembentukan karakter dan nilai-nilai moral peserta didik. Buku ini juga memaparkan pengalaman belajar langsung yang mendorong pertumbuhan kepercayaan diri, berpikir tingkat tinggi, dan pembentukan karakter (character building) yang seimbang. Penulis menekankan bahwa pembelajaran yang efektif tidak hanya berfokus pada pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan diri secara holistik. Selain itu, buku ini menyoroti faktor-faktor pendukung dalam proses pembelajaran, seperti sarana dan prasarana yang memadai, serta peran penting sekolah sebagai institusi pendidikan yang memiliki tanggung jawab moral dan etis terhadap peserta didik. Penulis menegaskan bahwa sekolah harus menjadi tempat pembentukan karakter yang sehat dan berakhlak, serta menjadi penggerak dalam membentuk generasi pengetahuan yang berkompeten dan berintegritas. Dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis pengalaman nyata, buku ini menjadi sumber inspirasi bagi para pendidik untuk memperbaiki proses pembelajaran dan mengembangkan metode yang lebih inklusif, bermoral, dan berorientasi pada masa depan.
Masalah krusial dunia pendidikan saat ini tawuran antarpelajar bullying penggunaan obat obat terlarang hingga budaya menyontek Ujung tombak keberhasilan dalam pendidikan berawal dari proses pembelajaran Perlu upaya guru untuk mengubah paradigma lama proses pembelajaran kepada paradigma baru proses pembelajaran Pembelajaran yang baik akan membawa peserta didik menuju pengetahuan baru yaitu perubahan materi ajar content menjadi pengetahuan knowledge yang dapat dikembangkan sesuai pengalaman belajar learning experience Hal tersebut akan melatih peserta didik menemukan pengetahuan baru bagi dirinya Harapannya bagaikan seorang ilmuwan berpikir bersikap dan bertindak yang dapat berimplikasi dalam mengatasi masalah kehidupannya dengan analisis yang cukup tinggi pada akhirnya tidak mudah cepat terprovokasi oleh teman sebayanya dalam pergaulan yang negatif atau menyimpang Buku ini mengajak para pembaca pelajar guru dan semua lapisan masyarakat pemerhati pendidikan yang menginginkan resolusi pembelajar terjadi di lingkungan sekitar kita baik di sekolah maupun di institusi pendidikan lainnya
Jumlah Halaman | 70 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-478-063-0 |
eISBN |