Sinopsis Buku: Buku ini menggali akar-akar pembaruan pendidikan Islam di Indonesia yang dimotori oleh dua tokoh utama gerakan Islam pada awal abad ke-20, yaitu KH. Ahmad Dahlan dan KH. M. Hasyim Asy’ari. Keduanya menjadi pengaruh besar dalam membentuk landasan berbangsa dan bernegara bagi masyarakat Indonesia, serta memberikan kontribusi penting dalam perkembangan pemikiran pendidikan Islam hingga masa kini. Buku ini membahas secara mendalam konsep dan prinsip pendidikan Islam yang diusung oleh kedua tokoh tersebut, termasuk dalam hal materi, metode pembelajaran, serta manajemen lembaga pendidikan. Penulis menjelaskan bagaimana semangat pembaruan pendidikan Islam, baik dari kalangan modernis maupun tradisionalis, menjadi pilar utama dalam mengembangkan pemikiran pendidikan Islam yang relevan dengan tantangan zaman. Buku ini juga mengupas konsep *Character Building* sebagai bagian dari upaya membangun karakter bangsa yang mulia, sejalan dengan visi KH. Ahmad Dahlan dan KH. M. Hasyim Asy’ari dalam memperkuat nilai-nilai Islam dalam pendidikan. Selain itu, buku ini menyoroti pendekatan pembelajaran *Problem Solving* dan *Problem Based Instruction* sebagai metode yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Kedua tokoh tersebut memperkenalkan metode tanya jawab dan diskusi sebagai alat untuk melatih kekritisannya, serta menggunakan konsep *Bahthul Mas?il* sebagai pendekatan dalam memecahkan masalah hukum. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi penting bagi para pembaca yang ingin memahami sejarah, konsep, dan kontribusi pemikiran pendidikan Islam yang menjadi fondasi bagi pembangunan karakter bangsa dan pendidikan modern di Indonesia.
Sinopsis Buku: Buku ini menggali akar-akar pembaruan pendidikan Islam di Indonesia yang dimotori oleh dua tokoh utama gerakan Islam pada awal abad ke-20, yaitu KH. Ahmad Dahlan dan KH. M. Hasyim Asy’ari. Keduanya menjadi pengaruh besar dalam membentuk landasan berbangsa dan bernegara bagi masyarakat Indonesia, serta memberikan kontribusi penting dalam perkembangan pemikiran pendidikan Islam hingga masa kini. Buku ini membahas secara mendalam konsep dan prinsip pendidikan Islam yang diusung oleh kedua tokoh tersebut, termasuk dalam hal materi, metode pembelajaran, serta manajemen lembaga pendidikan. Penulis menjelaskan bagaimana semangat pembaruan pendidikan Islam, baik dari kalangan modernis maupun tradisionalis, menjadi pilar utama dalam mengembangkan pemikiran pendidikan Islam yang relevan dengan tantangan zaman. Buku ini juga mengupas konsep *Character Building* sebagai bagian dari upaya membangun karakter bangsa yang mulia, sejalan dengan visi KH. Ahmad Dahlan dan KH. M. Hasyim Asy’ari dalam memperkuat nilai-nilai Islam dalam pendidikan. Selain itu, buku ini menyoroti pendekatan pembelajaran *Problem Solving* dan *Problem Based Instruction* sebagai metode yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Kedua tokoh tersebut memperkenalkan metode tanya jawab dan diskusi sebagai alat untuk melatih kekritisannya, serta menggunakan konsep *Bahthul Mas?il* sebagai pendekatan dalam memecahkan masalah hukum. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi penting bagi para pembaca yang ingin memahami sejarah, konsep, dan kontribusi pemikiran pendidikan Islam yang menjadi fondasi bagi pembangunan karakter bangsa dan pendidikan modern di Indonesia.
Jumlah Halaman | 142 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Madani |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-0899-39-8 |
eISBN |