Logo Bacabuku
GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA MADRASAH BERASRAMA

GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA MADRASAH BERASRAMA

Rusdan, Surahman Amin, dan Ismail Suardi Wekke
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku *Gaya Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah Berasrama* ini mengupas secara mendalam peran dan tanggung jawab kepala madrasah dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang efektif, inovatif, dan berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan. Buku ini berfokus pada gaya kepemimpinan transformatif yang diterapkan oleh kepala madrasah dalam mengelola madrasah berbasis asrama, yang merupakan salah satu bentuk lembaga pendidikan yang memiliki tantangan khusus dalam pengelolaan dan pelayanan pendidikan. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa kepemimpinan transformatif tidak hanya terbatas pada pengelolaan administratif, tetapi juga melibatkan kemampuan kepala madrasah untuk menjadi inspirasi, motivator, dan pemberi arahan bagi seluruh warga madrasah. Gaya kepemimpinan ini dianggap sangat penting dalam menghadapi dinamika masyarakat yang semakin cepat dan kompetitif, di mana madrasah harus mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman sekaligus menjaga nilai-nilai pendidikan Islam. Buku ini juga menguraikan tantangan dan peluang yang dihadapi oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam meningkatkan prestasi siswa. Dengan pendekatan penelitian yang terstruktur, buku ini memberikan gambaran nyata tentang bagaimana kepemimpinan transformatif dapat menjadi solusi efektif dalam menghadapi tantangan kepemimpinan di lingkungan madrasah berbasis asrama. Buku ini sangat relevan bagi para kepala madrasah, pengambil kebijakan pendidikan, serta semua pihak yang tertarik pada studi kepemimpinan dalam konteks pendidikan Islam. Dengan memberikan wawasan dan strategi praktis, buku ini bertujuan untuk menjadi panduan bagi upaya peningkatan kualitas kepemimpinan madrasah menuju jannah ilmu pengetahuan dan kebaikan.

Sinopsis ebook

Keberhasilan atau kegagalan suatu madrash dalam menampilkan kinerjanya secara memuaskan banyak tergantung pada kualitas kepemimpinan kepala madrasah Demikian juga kepala madrasah yang mempunyai peran pemimpin yang sangat berpengaruh banyak tergantung pada kualitas kepemimpinan Kepala madrasah sangat berpengaruh di lingkungan yang menjadi tanggungjawabnya Sebagai seorang yang menjadi panutan di lingkungan pendidikan maka kepala madrasah harus bisa menunjukkan sikap yang bijaksana dan memiliki keperibadian yang baik karena kepribadian merupakan dinamisasi organ psikofisik yang dapat menyesuaikan dengan lingkungan dan merupakan kumpulan aksi dan interaksi antar sikap

Detail Buku

Jumlah Halaman 93
Kategori Pendidikan
Penerbit Penerbit Adab
Tahun Terbit 2021
ISBN 978-623-6233-77-1
eISBN
GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA MADRASAH BERASRAMA

GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA MADRASAH BERASRAMA

Rusdan, Surahman Amin, dan Ismail Suardi Wekke