Sinopsis Buku: Buku ini menyajikan berbagai isu dan pembahasan terkini terkait pendidikan, literasi, dan kebijakan pemerintah di Indonesia, khususnya di tingkat daerah seperti Jawa Barat. Dalam konteks literasi, buku ini menjelaskan pentingnya literasi sebagai indikator kualitas pendidikan suatu bangsa, dengan mengacu pada hasil survei internasional yang menempatkan Indonesia di peringkat ke-60 dari 61 negara. Hasil survei ini menjadi bahan perdebatan, karena bisa menjadi *bad news* atau *good news*, tergantung pada respons pemerintah dan masyarakat. Buku ini juga membahas upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dan berbagai pihak untuk meningkatkan minat baca dan literasi nasional, seperti program pengiriman buku gratis, gerakan literasi sekolah, serta pengembangan e-book yang didesain khusus untuk smartphone. Di tengah pandemi, buku ini juga menyampaikan kebijakan dan respons Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam menghadapi tantangan pandemi, termasuk penanganan PPKM dan upaya membangun adaptasi masyarakat terhadap situasi baru. Selain itu, buku ini juga menyoroti pentingnya akses yang mudah terhadap bahan bacaan, baik dalam bentuk cetak maupun digital, sebagai salah satu kriteria dalam mengukur tingkat literasi suatu negara. Dengan menyediakan konten yang relevan dan mudah diakses, buku ini berupaya untuk memperkuat kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam keseluruhan isinya, buku ini tidak hanya menyajikan fakta-fakta dan data, tetapi juga menggambarkan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan literasi di Indonesia, khususnya dalam menghadapi tantangan global seperti pandemi.
Ridwan Kamil mengatakan pemerintah Jawa Barat sendiri memutuskan untuk mengurangi aktivitas di Gedung Sate Bandung Selama dua pekan pihaknya akan lebih banyak berkoordinasi dengan dinas dinas di jajaran Jawa Barat melalui telekonferensi
Jumlah Halaman | 47 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-05-1056-4 |