Logo Bacabuku
Gagasan Dakwah Pendekatan Komunikasi

Gagasan Dakwah Pendekatan Komunikasi

Dr. H. Abdul Wahid, M.A.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas gagasan dakwah dalam pendekatan komunikasi antarbudaya, dengan fokus pada upaya-upaya untuk menyampaikan pesan Islam secara efektif dan relevan dalam konteks masyarakat yang beragam. Penulis menjelaskan bahwa dakwah dan komunikasi memiliki objek dan subjek yang sama, yaitu manusia, sehingga pendekatan komunikasi antarbudaya menjadi penting dalam memastikan pesan dakwah dapat diterima dan dihayati oleh masyarakat secara baik. Buku ini mengupas berbagai aspek terkait dakwah, seperti hukum berdakwah dalam Islam, tujuan dan fungsi dakwah, serta prinsip-prinsip dakwah dan komunikasi antarbudaya. Selain itu, buku ini juga membahas bagaimana dakwah dapat menjadi sarana perubahan sosial dan bagaimana paradigma Islam kultural dapat diterapkan dalam komunikasi antarbudaya. Penulis menekankan bahwa Islam sebagai agama universal harus disampaikan secara dinamis, kreatif, dan inovatif agar relevan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat saat ini. Pendekatan ini bertujuan untuk memperkuat relevansi dakwah dalam konteks kehidupan masyarakat modern dan memperluas akses serta pemahaman terhadap nilai-nilai Islam. Dengan pendekatan komunikasi antarbudaya, buku ini memberikan panduan serta pemikiran kritis tentang bagaimana dakwah dapat menjadi sarana pembangunan masyarakat yang Islami di Indonesia khususnya. Buku ini menjadi referensi penting bagi para da’i, akademisi, dan masyarakat yang tertarik pada studi tentang dakwah dan komunikasi antarbudaya.

Sinopsis ebook

Salah satu faktor gagalnya proses dakwah disebabkan karena pendekatan yang digunakan para da i dalam berdakwah kurang tepat Akibatnya umat bukannya semakin dekat dengan Islam malah semakin menjauh Perspektif dakwah dan komunikasi memiliki objek dan subjek yang sama yakni manusia Pemahaman yang komprehensif terhadap keragaman budaya dan adat istiadat masyarakat sebagai objek dakwah ini akan memudahkan para da i menentukan metode dan pendekatan dakwah yang tepat sesuai kondisi sosiokultural masyarakat agar tidak terjadi gesekan dengan budaya sosiokultural Manakala seorang da i komunikator menyampaikan pesannya kepada mad u komunikan diperlukan pendekatan yang tepat agar pesan dakwah misi dakwah dapat diterima oleh mad u komunikan dengan baik Dengan demikian posisi da i sangat penting dan signifikan dalam pergerakan dakwah Islam Islam harus didakwahkan dengan pendekatan adaptif sesuai kondisi sosiokultural umat sehingga penentuan metode pendekatan pesan dan media dakwah harus dinamis Ajaran Islam harus disebarkan secara kreatif tidak dihadirkan dengan cara cara yang tradisional monoton dan bahkan terkesan membosankan Bahwa Islam harus didakwahkan dengan cara inovatif artinya para da i harus membuat terobosan baru agar pesan dakwah yang disampaikan dapat diperankan secara maksimal Salah satunya dengan menerapkan komunikasi antarbudaya dalam pergerakan dakwah di tengah tengah masyarakat Referensi utama kajian dakwah Islam ini mengungkap sejumlah hal yang menarik terkait dakwah dan komunikasi antarbudaya di antaranya dakwah perspektif komunikasi antarbudaya hukum berdakwah dalam Islam tujuan dan fungsi dakwah dalam komunikasi antarbudaya dakwah dalam perspektif komunikasi fungsi komunikasi antarbudaya serta profesionalitas da i dalam komunikasi dakwah Berbagai topik penting yang disajikan dalam buku ini sangatlah perlu dibaca oleh aktivis dakwah khususnya dan umat Islam pada umumnya

Detail Buku

Jumlah Halaman 188
Kategori Sosial
Penerbit Kencana
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-602-422-876-7
eISBN 978-623-218-077-2
Gagasan Dakwah Pendekatan Komunikasi

Gagasan Dakwah Pendekatan Komunikasi

Dr. H. Abdul Wahid, M.A.