Sinopsis Buku: Buku ini menggambarkan perjalanan pembelajaran dan pengalaman seorang penulis dalam mengikuti pendidikan sebagai Guru Penggerak, yang berujung pada realisasi impian untuk berkontribusi dalam transformasi pendidikan melalui pendekatan MERDEKA belajar. Penulis menjelaskan secara mendalam tentang berbagai konsep, praktik, dan refleksi yang dilalui dalam proses pembelajaran, baik dalam konteks pribadi maupun lingkungan kerja di SD Negeri 5 Pedamaran. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang membahas berbagai aspek kunci dalam menjadi Guru Penggerak, seperti nilai dan peran guru, budaya positif, pemenuhan kebutuhan belajar murid, pengambilan keputusan sebagai pemimpin, serta pengelolaan sumber daya pendidikan. Setiap bab dilengkapi dengan tahapan-tahapan yang meliputi: *Mulai dari Diri Sendiri*, *Eksplorasi Konsep*, *Refleksi Terbimbing*, *Demonstrasi Kontekstual*, *Elaborasi Pemahaman*, *Koneksi Antar Materi*, dan *Aksi Nyata*. Seluruh materi disusun secara sistematis, sehingga membentuk sebuah referensi utama bagi para pendidik, calon Guru Penggerak, dan semua pihak yang peduli terhadap transformasi pendidikan di Indonesia. Buku ini tidak hanya menjadi catatan perjalanan penulis, tetapi juga menjadi langkah awal untuk perubahan yang lebih luas dalam dunia pendidikan.
From Nothing to Something Sebelum mengikuti pendidikan guru penggerak saya hanya guru yang mengikuti nurani untuk berbuat semaksimal mungkin agar layak disebut sebagai guru Berusaha menjadi guru yang berjiwa guru yang berusaha meningkatkan kompetensi diri tanpa tahu nilai dan peran saya Setelah mengikuti pendidikan Guru penggerak kini saya tahu tentang nilai mandiri reflektif kolaboratif inovatif dan berpihak pada murid Saya pun berusaha menjalani peran sebagai pemimpin pembelajaran menggerakkan komunitas praktisi mendorong kolaborasi antar guru menjadi coach bagi guru lain dan mewujudkan kepemimpinan murid
Jumlah Halaman | 319 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-497-036-4 |
eISBN | 978-623-497-419-5 |