Bab 1 REVIEW KEBIJAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI P erubahan paradigma dalam bidang pendidikan dan berbagai perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan teknologi dan seni ipteks membawa implikasi terhadap berbagai aspek pendidikan termasuk pada kebijakan pendidikan Jika pada awal awal kemerdekaan fokus perhatian pemerintah lebih tertuju pada jenjang pendidikan dasar menengah dan tinggi secara berangsur angsur setelah itu perhatian pemerintah tertuju pada pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yaitu Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Perhatian tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah Indonesia sebagai anggota PBB terhadap hasil pertemuan dunia Education For All yang diselenggarakan di Dakar tahun 2000 Pertemuan tersebut menegaskan kembali komitmen terhadap pendidikan dan perawatan anak usia dini yang menentukan perkembangannya Sejak saat itu hingga sekarang Pendidikan Anak Usia Dini PAUD mulai menjadi isu sentral di dunia pendidikan salah satunya di Indonesia 13Bab 1 REVIEW KEBIJAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI P erubahan paradigma dalam bidang pendidikan dan berbagai perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan teknologi dan seni ipteks membawa implikasi terhadap berbagai aspek pendidikan termasuk pada kebijakan pendidikan Jika pada awal awal kemerdekaan fokus perhatian pemerintah lebih tertuju pada jenjang pendidikan dasar menengah dan ...tinggi secara berangsur angsur setelah itu perhatian pemerintah tertuju pada pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yaitu Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Perhatian tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah Indonesia sebagai anggota PBB terhadap hasil pertemuan dunia Education For All yang diselenggarakan di Dakar tahun 2000 Pertemuan tersebut menegaskan kembali komitmen terhadap pendidikan dan perawatan anak usia dini yang menentukan perkembangannya Sejak saat itu hingga sekarang Pendidikan Anak Usia Dini PAUD mulai menjadi isu sentral di dunia pendidikan salah satunya di Indonesia 13