Bab 1 PENDAHULUAN Di kalangan umat Islam tidak ada yang memungkiri eksistensi hukum Islam dengan karakter universalitas keberlakuannya alamiyyat al islm 1 Hal ini didukung oleh nash al Qurn surat 21 al Anbiy ayat 107 Dan tidaklah Kami utus engkau Muhammad kecuali sebagai rahmat bagi sekalian alam 2 1 Ysuf al Qaradhw Malmih Al Mujtama al Muslim alladz Nanshuduh Kairo Maktabah Wahbah 1993 hlm 51 Ysuf al Qaradhw al Infith al al Gharb Muqtadhaytuh wa Shurtuh dalam Majd Aql Ab Shamlah ed Rislah al Muslimn f Bild al Gharb Arbad Dr al Amal li al Nashr wa al Tawz 2000 hlm 7 13 15 Lihat pula kitabnya yang berjudul F Fiqh al Aqalliyyt alMuslimah Hayt al Muslimn Wasat al Mujtamat al Ukhr Beirut Dr alSyurq 2001 hlm 13 lihat pula Wahbah Zuhayl al Fiqh al Islm wa Adillatuh Damaskus Dr al Fikr 1997 hlm 33 Lihat pula Abd al Qdir Awdah alTasyr al Jin al Islm Muqranan bi al Qnn al Wadh juz 1 Lubnn Beirt Dr al Kutub al Ilmiyyah 2005 hlm 224 2 Ketika ayat ini dikaitkan dengan keberlakuan hukum Islam dan sanksi hukumnya para ulama berbeda pendapat Madzhab Syfi berpendapat bahwa hukum Islam dan sanksi hukumnya berlaku bagi setiap muslim di seluruh dunia di mana pun berada Sementara madzhab Hanaf cenderung mengatakan bahwa hukum Islam berlaku bagi setiap muslim di mana pun berada tetapi sanksi hukum Islam hanya bisa diterapkan di dr al Islm negara Islam Lihat Abd al Qdir Awdah alTasyr al Jin al Islm juz 1 hlm 227 236 Ayat ini juga dijadikan sebagai dasar bahwa hukum Islam jika diterapkan merupakan rahmat yang membawa kemaslahatan Hal ini diperkuat dengan ayat ayat lain seperti dalam surat 7 al 1Bab 1 PENDAHULUAN Di kalangan umat Islam tidak ada yang memungkiri eksistensi hukum Islam dengan karakter universalitas keberlakuannya alamiyyat al islm 1 Hal ini didukung oleh nash al Qurn surat 21 al Anbiy ayat 107 Dan tidaklah Kami utus engkau Muhammad kecuali sebagai rahmat bagi sekalian alam 2 1 Ysuf al ...Qaradhw Malmih Al Mujtama al Muslim alladz Nanshuduh Kairo Maktabah Wahbah 1993 hlm 51 Ysuf al Qaradhw al Infith al al Gharb Muqtadhaytuh wa Shurtuh dalam Majd Aql Ab Shamlah ed Rislah al Muslimn f Bild al Gharb Arbad Dr al Amal li al Nashr wa al Tawz 2000 hlm 7 13 15 Lihat pula kitabnya yang berjudul F Fiqh al Aqalliyyt alMuslimah Hayt al Muslimn Wasat al Mujtamat al Ukhr Beirut Dr alSyurq 2001 hlm 13 lihat pula Wahbah Zuhayl al Fiqh al Islm wa Adillatuh Damaskus Dr al Fikr 1997 hlm 33 Lihat pula Abd al Qdir Awdah alTasyr al Jin al Islm Muqranan bi al Qnn al Wadh juz 1 Lubnn Beirt Dr al Kutub al Ilmiyyah 2005 hlm 224 2 Ketika ayat ini dikaitkan dengan keberlakuan hukum Islam dan sanksi hukumnya para ulama berbeda pendapat Madzhab Syfi berpendapat bahwa hukum Islam dan sanksi hukumnya berlaku bagi setiap muslim di seluruh dunia di mana pun berada Sementara madzhab Hanaf cenderung mengatakan bahwa hukum Islam berlaku bagi setiap muslim di mana pun berada tetapi sanksi hukum Islam hanya bisa diterapkan di dr al Islm negara Islam Lihat Abd al Qdir Awdah alTasyr al Jin al Islm juz 1 hlm 227 236 Ayat ini juga dijadikan sebagai dasar bahwa hukum Islam jika diterapkan merupakan rahmat yang membawa kemaslahatan Hal ini diperkuat dengan ayat ayat lain seperti dalam surat 7 al 1