Sinopsis Buku Filsafat Pendidikan Buku *Filsafat Pendidikan* ini ditulis oleh Muhammad Anwar dengan harapan dapat menjadi sumber belajar yang bermanfaat bagi para dosen dan mahasiswa di Fakultas/Jurusan Tarbiyah UIN/IAIN/STAIN dan PTAIS, khususnya dalam mempelajari mata kuliah Filsafat Pendidikan, Pengantar Pendidikan, dan Ilmu Pendidikan Islam. Buku ini disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku di lingkungan akademik tersebut, sehingga relevan dengan kebutuhan perkuliahan saat ini. Penulis telah merancang buku ini dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta penyempurnaan kurikulum dan silabus yang berlaku. Pembahasan dalam buku ini didesain untuk memperkaya literatur dan memenuhi kebutuhan akan buku teks yang komprehensif di bidang Filsafat Pendidikan. Buku ini juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pembaca di perguruan tinggi lainnya yang tertarik mempelajari konsep-konsep inti dalam filsafat pendidikan. Dengan penyusunan yang terstruktur dan penjelasan yang jelas, buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip, nilai-nilai, dan konsep-konsep yang mendasari proses pendidikan dari perspektif filsafat. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, buku *Filsafat Pendidikan* ini diharapkan dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi para pembaca dalam mengembangkan pemikiran kritis dan konseptual dalam bidang pendidikan.
Lazimnya dalam memahami filsafat pendidikan menggunakan dua pendekatan yakni pendekatan tradisional dan yang bersifat kritis Pendekatan tradisional digunakan untuk memecahkan problema hidup dan kehidupan menusia sepanjang perkembangannya Dan pendekatan yang bersifat kritis digunakan untuk memecahkan problematika pendidikan masa kini Buku ini membahas perihal Filsafat Pendidikan yang lahir dari ilmu pendidikan sebagai ilmu pengetahuan praktis mengandung maksud bahwa pendidikan sebagai aspek kebudayaari mempunyai tugas antara lain menyalurkan nilai nilai hidup melestarikan dan mengembangkan nilai nilai norma tingkah laku kepada subjek didik yang bersumber dari filsafat dan atau kearifan orangtua dan keluarga Pelaksanan pendidikan tersebut juga merangkum antara teori pengetahuan dan filsafat yang terkandung di dalam pelajaran yang diberikan oleh para pendidik Kajian utama filsafat pendidikan ini secara komprehensif menyajikan dan membahas topik materi pokok filsafat antara lain 1 Pengertian dan kedudukan filsafat dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia 2 Pengertian pendidikan dan filsafat pendidikan serta peranannya 3 Masalah pokok filsafat dan pendidikan 4 Proses hidup sebagai dasar filsafat pendidikan 5 Tujuan hidup dan tujuan pendidikan 6 Fungsi pendidikan dalam kehidupan manusia sebagai makhluk biologis 7 Demokrasi pendidikan serta 8 Aliran dalam filsafat pendidikan Buku ajar utama berjudul Filsafat Pendidikan ini dapat memberikan manfaat bagi para dosen dan mahasiswa Fakultas Jurusan Tarbiyah UIN IAIN STAIN dan PTAIS terutama yang sedang menekuni mata kuliah Filsafat Pendidikan Pengantar Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Islam
Jumlah Halaman | 176 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 9786-0211-8652-7 |
eISBN | 978-602-422-400-4 |