Sinopsis Buku: Buku *FILSAFAT PENDIDIKAN OPERASIONAL* ini membawa pembaca pada perjalanan mendalam dalam memahami konsep dan prinsip-prinsip filsafat pendidikan sebagai landasan bagi pengembangan pendidikan yang lebih baik. Buku ini dirancang sebagai referensi akademik bagi mahasiswa dan dosen yang tertarik mempelajari peran filsafat dalam memandu praktik pendidikan di dunia nyata. Dalam buku ini, filsafat pendidikan dijelaskan sebagai realitas yang menjadi acuan dan landasan bagi manusia dalam menjalani kehidupan menuju keselamatan dan kesejahteraan. Filsafat pendidikan tidak hanya menjadi alat pemikiran, tetapi juga menjadi panduan dalam merancang dan menerapkan pendidikan yang efektif, sistematis, dan berkelanjutan. Buku ini menjelaskan bahwa pendidikan adalah bagian integral dari kehidupan manusia, dan pemahaman tentang filsafat pendidikan menjadi kunci untuk memastikan bahwa pendidikan mampu memperkaya dan memperbaiki masa depan. Selain itu, buku ini juga menyajikan berbagai konsep dan pemikiran yang terkait dengan pendidikan operasional, termasuk pembahasan tentang hak cipta, pelanggaran hak ekonomi, dan perlindungan ciptaan dalam konteks pendidikan. Informasi ini disajikan dengan sistematis dan terstruktur, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami hubungan antara hak intelektual dan pengembangan pendidikan yang berkelanjutan. Dengan pendekatan yang akademik dan jelas, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pembaca yang ingin memperkaya pemahaman mereka tentang filsafat pendidikan dan perannya dalam membangun sistem pendidikan yang lebih baik.
Buku ini terdiri dari beberapa bab Bab pertama membahas tentang dasar dasar filsafat bab dua tentang pendidikan bab tiga tentang dasar dasar filosofis Pendidikan bab empat tentang hakekat manusia bab lima tentang filsafat pendidikan pragmatisme Jhon Dewey Selanjutnya bab enam membahas tentang filsafat pendidikan perenialisme bab tujuh tentang filsafat pendidikan dan rekonstruktifisme budaya bab delapan tentang filsafat pendidikan behaviorisme Filsafat mulai dengan rasa heran ingin tahu bertanya tentang apa saja dan berspekulasi tentang jawaban atas semua pertanyaan dan keheranan tersebut Sumantri 2003 berpendapat bahwa orang yang berfilsafat diumpamakan orang yang kakinya berpijak di bumi sedangkan mukanya tengadah ke atas melihat bintang bintang di langit Karakteristik berfikir filsafat merupakan berfikir secara menyeluruh Dia selalu ingin tahu dengan meng ajukan pertanyaan pertanyaan seperti apa mengapa bagaimana dimana bilamana sehingga orang yang ver filsafat melakukan spekulasi Pertanyaan pertanyaan tersebut akan semakin meluas jawabannya bilamana akan mempertanyakan hakikat manusia Setiap orang dapat berspekulasi dalam kehidupan sehari hari karena spekulasi merupakan kegiatan yang paling mudah dilakukan dalam berfilsafat sebab setiap orang memerlukan imajinasi dan ingin mempertanyakan banyak hal Akan tetapi dari berbagai pertanyaan yang diajukan orang hanya sebagian saja yang termasuk dalam kategori pertanyaan filosofis Seiring dengan perkembangan peradaban manusia berkembang pula isi dan bentuk peradaban itu sendiri termasuk perkembangan penyelenggaraan pendidikan Hal ini sejalan dengan kemajuan manusia pemikiran manusia dalam pemikiran dan ide ide tentang pendidikan Melalui pendidikan manusia tidak sekadar sebagai potensi demografikal tetapi secara sadar melaksanakan tugas dan panggilan eksistensinya sebagai potensi kultural Dwi Siswoyo 2007 menjelaskan Sejarah dunia yang sebelumnya dapat dipandang sebagai sejarah alam Kosmik Fisikal semata mata sebuah Sejarah Kebudayaan Sejarah manusia menjadi sejarah kemanusiaan dan tumbuh berkembang terus menerus sampai dengan saat ini dan masa yang akan datang Proses perkembangan kebudayaan tersebut pendidikan memiliki fungsi yang sangat penting karena menurut Siswoyo pendidikan merupakan suatu fungsi internal dalam proses kebudayaan itu melalui mana manusia dibentuk dan membentuk dirinya
Jumlah Halaman | 0 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-475-047-3 |
eISBN |