Sinopsis Buku: Buku *Filsafat Pendidikan Islam* karya Syamsul Kurniawan ini membahas konsep dan prinsip-prinsip filsafat pendidikan dalam konteks ajaran Islam. Buku ini menjelaskan bahwa filsafat bukanlah sesuatu yang asing dalam Islam, melainkan bagian yang penting dalam upaya memahami dan mengembangkan pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai dan ajaran agama Islam. Penulis menegaskan bahwa al-Qur’an dan Hadits sebenarnya telah mengandung ajakan untuk berfilsafat, yaitu berpikir kritis dan mencari kebenaran yang esensial dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pendidikan. Selain itu, buku ini juga membahas peran pendidikan dalam membentuk kepribadian yang baik, spiritual, dan moral. Pendidikan Islam, menurut penulis, bukan hanya sekadar mengajar agama, tetapi juga mengembangkan potensi diri peserta didik secara holistik, meliputi aspek spiritual, akhlak, intelektual, dan keterampilan. Penulis menyoroti pentingnya kualitas sumber daya manusia yang ditingkatkan melalui pendidikan yang sistematis, berlandaskan keimanan dan ketakwaan, serta sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Buku ini juga menyoroti tantangan dan ironi dalam dunia pendidikan, di mana terkadang faktor pendidikan tidak selalu berbanding lurus dengan perilaku seseorang. Namun, penulis menekankan bahwa pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter yang utama dan bermoral. Dengan memahami hakikat pendidikan Islam, para pembaca diharapkan dapat memperkuat komitmen untuk mewujudkan pendidikan yang bermakna dan bermuara pada pengembangan diri serta masyarakat yang lebih baik.
buku ini pada dasarnya mengajak kepada para pembaca sekalian untuk mengetahui hakikat pendidikan Islam Islam yang mempunyai ajaran moral yang begitu mulia sudah selayaknya dapat ditransfer kepada setiap peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan
Jumlah Halaman | 218 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Samudra Biru |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-602-9276-47-3 |
eISBN | null |