Sinopsis Buku Filsafat Pendidikan Islam (Konsep, Sejarah, Aliran, dan Pemikiran) Buku ini membahas secara mendalam konsep, sejarah, aliran, dan pemikiran dalam bidang filsafat pendidikan Islam. Penulis menjelaskan bahwa pendidikan Islam tidak hanya sekadar proses pengajaran, tetapi merupakan upaya untuk memanusiakan manusia sesuai dengan fitrahnya sebagai hamba Allah. Dalam buku ini, dibahas pula tentang asal-usul dan perkembangan filsafat pendidikan Islam, serta peran pemikir-pemikir Islam dalam mengembangkan konsep pendidikan yang berakar pada nilai-nilai agama dan kehidupan bermasyarakat. Selain itu, buku ini juga menyajikan ruang lingkup filsafat pendidikan Islam, termasuk ontologi, epistemologi, dan aksiologi pendidikan Islam. Penulis menjelaskan bahwa pendidikan Islam berakar pada keyakinan bahwa manusia memiliki fitrah yang harus diembankan, dan pendidikan adalah sarana untuk mengembangkan potensi tersebut. Dalam konteks ini, pendidikan dianggap sebagai penggerak kehidupan yang memandu manusia dalam menghadapi tantangan dunia modern. Buku ini juga menyoroti krisis pendidikan yang dialami oleh masyarakat, di mana banyak lulusan pendidikan tidak memiliki kehidupan bermoral dan berakhlak yang baik. Penulis berharap bahwa melalui kajian filsafat pendidikan Islam, terdapat solusi untuk mengembangkan pendidikan yang mampu membentuk generasi yang beriman, berilmu, berakhlak, dan beramal. Dengan memadukan konsep, sejarah, dan pemikiran para tokoh filsafat pendidikan Islam, buku ini menjadi referensi yang relevan untuk para pelaku pendidikan, peneliti, dan calon pendidik yang ingin memahami makna dan tujuan pendidikan Islam dalam konteks kehidupan modern.
Pendidikan dan kehidupan manusia merupakan dua hal identik yang tidak dapat dipisahkan Keduanya diibaratkan dua mata pisau yang saling membutuhkan Hubungan keduanya ibarat tubuh dengan jiwa manusia jiwa berpotensi menggerakkan tubuh sedangkan kehidupan manusia digerakkan oleh
Jumlah Halaman | 232 |
---|---|
Kategori | Agama |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-495-063-2 |
eISBN | proses |