Kenapa harus menamakan buku ini filsafat karena isinya lebih dominan berupa essay essay filsafat Kenapa tidak menamakannya akhlak bukan karakater karena istilah akhlak lebih umum yang mencakup etika moral adab dan juga karakter Selain itu kata akhlak adalah khas nomenklatur Islam Filsafat Pendidikan Akhlak dalam buku ini berupaya berteori secara filosofis tentang pendidikan akhlak Buku ini juga tetap memperhatikan teori teori terapan karena pendidikan akhlak haruslah bersifat aplikatif Salah satu bab dari buku ini lebih banyak membahas tentang ilmu pendidikan akhlak Walaupun buku Filsafat Pendidikan Akhlak tidak berarti absen membahas Ilmu Pendidikan Akhlak Ketika Ilmu Pendidikan Akhlak dikemukakan tujuannya untuk membantu memahami Filsafat Pendidikan Akhlak Ahmad Tafsir menyebutkan pendidikan Islam sangat luas yaitu Filsafat Pendidikan Islam Ilmu Pendidikan Islam Teknologi Pendidikan Islam dan Manual Pendidikan Islam Hierarki pendidikan Islam tersebut dari yang abstrak menuju yang sangat konkrit Pada tingkatan yang paling bawah sudah operasional sekali dan tidak boleh lagi ada multi tafsir Dalam bahasa manajemen tingkatan yang bawah itu sering diterjemahkan orang dengan prosedur tetap protap dan petunjuk teknis juknis Untuk itu pendidikan pun menurut Ahmad Tafsir tentu memiliki hierarki seperti tersebut di atas tanpa mengikutkan simbol Islamnya yaitu Filsafat Pendidikan Ilmu Pendidikan Teknologi Pendidikan dan Manual Pendidikan Banyak definisi pendidikan yang dikemukakan para ahli pendidikan Definisi itu terkadang bukan saja berbeda dari sisi redaksi bahkan substansi Dari semua definisi dan pendapat itu penulis hanya menyebutkan beberapa saja yang penulis anggap lebih komprehensif Menurut Azyumardi Azra ilmu pendidikan Islam dilihat dari sifat dan coraknya dibagi empat Pertama ilmu pendidikan Islam normatif yang bersumber dari kandungan Al Qur an dan hadis Kedua ilmu pendidikan filosofis yang bersumber dari pemikiran mendalam para sarjana Muslim Ketiga ilmu pendidikan Islam historis yang bersumber dari data dan fakta sejarah yang bisa dilacak akar akarnya Keempat ilmu pendidikan aplikatif yang tujuannya untuk menerapkan teori teori pendidikan dalam praktik belajar mengajar Kenapa harus menamakan buku ini filsafat karena isinya lebih dominan berupa essay essay filsafat Kenapa tidak menamakannya akhlak bukan karakater karena istilah akhlak lebih umum yang mencakup etika moral adab dan juga karakter Selain itu kata akhlak adalah khas nomenklatur Islam Filsafat Pendidikan Akhlak dalam buku ini berupaya berteori secara ...filosofis tentang pendidikan akhlak Buku ini juga tetap memperhatikan teori teori terapan karena pendidikan akhlak haruslah bersifat aplikatif Salah satu bab dari buku ini lebih banyak membahas tentang ilmu pendidikan akhlak Walaupun buku Filsafat Pendidikan Akhlak tidak berarti absen membahas Ilmu Pendidikan Akhlak Ketika Ilmu Pendidikan Akhlak dikemukakan tujuannya untuk membantu memahami Filsafat Pendidikan Akhlak Ahmad Tafsir menyebutkan pendidikan Islam sangat luas yaitu Filsafat Pendidikan Islam Ilmu Pendidikan Islam Teknologi Pendidikan Islam dan Manual Pendidikan Islam Hierarki pendidikan Islam tersebut dari yang abstrak menuju yang sangat konkrit Pada tingkatan yang paling bawah sudah operasional sekali dan tidak boleh lagi ada multi tafsir Dalam bahasa manajemen tingkatan yang bawah itu sering diterjemahkan orang dengan prosedur tetap protap dan petunjuk teknis juknis Untuk itu pendidikan pun menurut Ahmad Tafsir tentu memiliki hierarki seperti tersebut di atas tanpa mengikutkan simbol Islamnya yaitu Filsafat Pendidikan Ilmu Pendidikan Teknologi Pendidikan dan Manual Pendidikan Banyak definisi pendidikan yang dikemukakan para ahli pendidikan Definisi itu terkadang bukan saja berbeda dari sisi redaksi bahkan substansi Dari semua definisi dan pendapat itu penulis hanya menyebutkan beberapa saja yang penulis anggap lebih komprehensif Menurut Azyumardi Azra ilmu pendidikan Islam dilihat dari sifat dan coraknya dibagi empat Pertama ilmu pendidikan Islam normatif yang bersumber dari kandungan Al Qur an dan hadis Kedua ilmu pendidikan filosofis yang bersumber dari pemikiran mendalam para sarjana Muslim Ketiga ilmu pendidikan Islam historis yang bersumber dari data dan fakta sejarah yang bisa dilacak akar akarnya Keempat ilmu pendidikan aplikatif yang tujuannya untuk menerapkan teori teori pendidikan dalam praktik belajar mengajar