Sinopsis Buku: Buku ini membahas hubungan inheren antara manajemen dan pendidikan Islam, dengan pendekatan yang berlandaskan pada karakteristik filsafat. Buku ini dirancang untuk memberikan kerangka ilmiah yang kuat dalam disiplin ilmu Manajemen Pendidikan Islam, sehingga ilmu ini tidak hanya menjadi bagian dari tren pasar, tetapi juga memiliki dasar epistemologis yang mendalam dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu pendidikan Islam secara keseluruhan. Buku ini dibagi menjadi beberapa bab yang terstruktur secara logis, mulai dari pengenalan karakteristik filsafat, meliputi aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi, hingga pengembangan tema-tema filsafat dalam pendidikan Islam. Selain itu, buku ini juga membahas filosofi manajemen pendidikan Islam, paradigma keilmuan, kurikulum, serta metodologi penelitian yang relevan. Dalam bab-bab terakhir, dibahas pula kasus-kasus manajerial di lembaga pendidikan Islam, serta arah pengembangan komunitas akademik profesional di bidang Manajemen Pendidikan Islam. Buku ini merupakan referensi yang komprehensif untuk pengembangan ilmu Manajemen Pendidikan Islam, baik dalam konteks akademik maupun praktis, dan diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pendidikan Islam di Indonesia.
Proses pemapanan dan pengembangan suatu disiplin ilmu mutlak diperlukan agar ilmu itu menjadi dewasa kritis aktual dan jelas spe sifikasinya Mapan tidaknya suatu bidang ilmu ditentukan oleh pendasaran teoretis metodologis dan praktis Dengan demiki
Jumlah Halaman | 216 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Rosda |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-446-385-4 |
eISBN | 978-602-446-416-5 |