Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Filsafat Ilmu* dalam konteks *Studi Integrasi Islam dan Sains*, yang merupakan upaya untuk memahami dan mengintegrasikan kebenaran ilmiah dengan prinsip-prinsip ajaran Islam. Buku ini ditulis oleh sekelompok mahasiswa Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MMPI-A) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, yang berangkat dari pemikiran untuk menjawab tantangan-tantangan di era modernisasi, khususnya dalam konteks *Industry 4.0* dan *Society 5.0*. Dalam buku ini, para penulis mengupas berbagai aspek penting dalam filsafat ilmu, seperti hubungan antara ilmu, agama, dan filsafat; epistemologi dalam masyarakat kontemporer; konsep manajemen pendidikan Islam dari perspektif filsafat ilmu; serta integrasi sains dan agama serta implikasinya terhadap pendidikan Islam. Buku ini juga membahas tentang integralisme ilmu dalam Islam, serta pendidikan interkoneksi sebagai bentuk upaya untuk mengembangkan pemahaman yang lebih holistik dan mengintegrasikan pengetahuan sains dengan nilai-nilai Islam. Buku ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi para akademisi, praktisi pendidikan, dan masyarakat umum, khususnya dalam menghadapi tantangan zaman dengan pendekatan yang lebih kritis, sistematis, dan berbasis nilai-nilai keislaman. Buku ini juga menjadi bagian dari upaya da’wah bi al qolam, yaitu menyebarkan Islam melalui tulisan dan pemikiran yang ilmiah, sistematis, dan terorganisir. Dengan demikian, buku ini bukan hanya membahas filsafat ilmu, tetapi juga menjadi upaya untuk mewujudkan pendidikan Islam yang relevan dan kontekstual di era modern.
Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani philosophia di mana philo menunjukkan cinta dalam arti luas yaitu menginginkan sesuatu dan dengan demikian berusaha mendapatkannya sophia mewakili kebijaksanaan dalam arti kepandaian pemahaman yang mendalam dan cinta kebijaksanaan 1
Jumlah Halaman | 352 |
---|---|
Kategori | Filsafat |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-329-922-0 |
eISBN | proses |