Sinopsis Buku: Buku ini menggambarkan pengalaman seorang pendidik dalam menghadapi siswa yang mengalami rasa takut dan kurang percaya diri, yang berdampak pada pengembangan potensinya. Dalam cerita ini, seorang siswa yang memiliki kompetensi akademik yang tinggi justru terhambat oleh rasa takut dan mental block yang menghantui ketika ia harus berpartisipasi dalam lomba. Peristiwa ini memicu penulis untuk menggali lebih dalam tentang akar masalah rasa takut pada anak, serta upaya-upaya untuk mengatasinya secara psikologis dan pendidikan. Buku ini menjelaskan bahwa rasa takut (FEAR) bukanlah emosi yang bersifat permanen, melainkan emosi yang bisa dikendalikan dan diubah menjadi peluang untuk tumbuh. Penulis menekankan pentingnya menerima emosi anak dan menumbuhkan kesiapan mereka untuk menghadapi tantangan, agar potensi akademik dan pribadi mereka tidak hilang karena perasaan negatif yang tidak seharusnya menghambat perkembangan mereka. Selain itu, buku ini juga menyajikan latar belakang penyebab rasa takut, serta upaya pemecahan masalah secara *silent effect*—yaitu cara yang tidak mengganggu kepercayaan diri siswa, namun secara perlahan membimbing mereka untuk mengatasi masalah. Dengan pendekatan yang penuh empati dan berbasis pengalaman nyata, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pendidik dalam menghadapi tantangan psikologis siswa, sehingga mereka dapat berkembang secara optimal sesuai dengan minat dan bakatnya.
Mengantarkan perserta didik bisa berkembang sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya merupakan harapan dari semua pendidik Namun ketika mendapati peserta didik yang satu sisi menonjol dalam bidang akademik tetapi di sisi lain mempunyai mental block berupa rasa takut yang berlebihan sehingga memudarkan kemampuan akademik yang dimilikinya merupakan permasalahan yang menggelitik untuk dicari jalan pemecahannya Buku ini merupakan pengalaman nyata yang dialami oleh penulis dalam menguak study kasus yang dialami dengan harapan mendapatkan solusi terbaik dari siswa tanpa siswa mengetahui bahwa dirinya sedang dijadikan objek dari permasalahan yang dihadapi Silent Effect Terdapat beberapa tahapan yang dilakukan di antaranya adalah sebagai berikut 1 Mengenal Karakteristik Anak 2 Nurture and Nature 3 Memahami Penyebab Rasa Takut 4 Solusi Pemecahan dan Penguatannya Melalui tahapan tahapan tersebut adalah sebagai upaya untuk mengetahui latar belakang dan penyebab permasalahan serta menentukan treatment melalui kegiatan pembelajaran yang tepat untuk pemecahan masalahnya Penerapan tahapan ini sebagai upaya rekonstruksi diri sebagai bekalnya untuk menyongsong masa depan yang lebih baik Seperti kata orang bijak bahwa It s better to build children than repair adults Dengan bekal yang telah dimiliki dalam mengatasi Mental Block nya rasa takut maka siswa bisa mengotrol emosinya rasa takut sebagai emosi yang wajar dan ia dapat mengatasinya Anak telah mampu memahami bahwa FEAR takut sebagai FEAR False Emotion Appearing Real Fear takut sebagai emosi palsu yang terkesan nyata
| Jumlah Halaman | 68 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
| Tahun Terbit | 2018 |
| ISBN | 978-602-478-587-1 |
| eISBN |