Sinopsis Buku: Buku ini menggambarkan pengalaman seorang pendidik dalam menghadapi siswa yang mengalami rasa takut dan kurang percaya diri, yang berdampak pada pengembangan potensinya. Dalam cerita ini, seorang siswa yang memiliki kompetensi akademik yang tinggi justru terhambat oleh rasa takut dan mental block yang menghantui ketika ia harus berpartisipasi dalam lomba. Peristiwa ini memicu penulis untuk menggali lebih dalam tentang akar masalah rasa takut pada anak, serta upaya-upaya untuk mengatasinya secara psikologis dan pendidikan. Buku ini menjelaskan bahwa rasa takut (FEAR) bukanlah emosi yang bersifat permanen, melainkan emosi yang bisa dikendalikan dan diubah menjadi peluang untuk tumbuh. Penulis menekankan pentingnya menerima emosi anak dan menumbuhkan kesiapan mereka untuk menghadapi tantangan, agar potensi akademik dan pribadi mereka tidak hilang karena perasaan negatif yang tidak seharusnya menghambat perkembangan mereka. Selain itu, buku ini juga menyajikan latar belakang penyebab rasa takut, serta upaya pemecahan masalah secara *silent effect*—yaitu cara yang tidak mengganggu kepercayaan diri siswa, namun secara perlahan membimbing mereka untuk mengatasi masalah. Dengan pendekatan yang penuh empati dan berbasis pengalaman nyata, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pendidik dalam menghadapi tantangan psikologis siswa, sehingga mereka dapat berkembang secara optimal sesuai dengan minat dan bakatnya.
Sinopsis Buku: Buku ini menggambarkan pengalaman seorang pendidik dalam menghadapi siswa yang mengalami rasa takut dan kurang percaya diri, yang berdampak pada pengembangan potensinya. Dalam cerita ini, seorang siswa yang memiliki kompetensi akademik yang tinggi justru terhambat oleh rasa takut dan mental block yang menghantui ketika ia harus berpartisipasi dalam lomba. Peristiwa ini memicu penulis untuk menggali lebih dalam tentang akar masalah rasa takut pada anak, serta upaya-upaya untuk mengatasinya secara psikologis dan pendidikan. Buku ini menjelaskan bahwa rasa takut (FEAR) bukanlah emosi yang bersifat permanen, melainkan emosi yang bisa dikendalikan dan diubah menjadi peluang untuk tumbuh. Penulis menekankan pentingnya menerima emosi anak dan menumbuhkan kesiapan mereka untuk menghadapi tantangan, agar potensi akademik dan pribadi mereka tidak hilang karena perasaan negatif yang tidak seharusnya menghambat perkembangan mereka. Selain itu, buku ini juga menyajikan latar belakang penyebab rasa takut, serta upaya pemecahan masalah secara *silent effect*—yaitu cara yang tidak mengganggu kepercayaan diri siswa, namun secara perlahan membimbing mereka untuk mengatasi masalah. Dengan pendekatan yang penuh empati dan berbasis pengalaman nyata, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pendidik dalam menghadapi tantangan psikologis siswa, sehingga mereka dapat berkembang secara optimal sesuai dengan minat dan bakatnya.
Jumlah Halaman | 68 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-478-587-1 |
eISBN |