Sinopsis Buku: Buku *Evaluasi Program: Teori dan Praktik dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan* ini merupakan panduan komprehensif yang membahas konsep, prinsip, dan praktik evaluasi program dalam berbagai konteks, khususnya dalam bidang pendidikan dan nonpendidikan. Buku ini dirancang untuk membantu pembaca memahami pentingnya evaluasi sebagai alat untuk menilai efektivitas, efisiensi, dan dampak dari berbagai program yang dijalankan oleh lembaga pemerintah maupun nonpemerintah. Dalam buku ini, dibahas berbagai aspek kunci evaluasi program, mulai dari konsep dasar evaluasi, jenis evaluasi, prosedur evaluasi, hingga desain dan metode evaluasi. Selain itu, buku ini juga menyoroti peran evaluasi dalam penelitian dan akuntabilitas, serta menjelaskan pendekatan dan model evaluasi yang populer, seperti model Kirkpatrick untuk program pelatihan dan penilaian kinerja. Buku ini juga menyajikan metode kajian cepat sebagai alat evaluasi yang efektif dan mudah diterapkan, serta teknik analisis data yang digunakan dalam evaluasi. Buku ini dilengkapi dengan contoh aplikasi, instrumen evaluasi, dan rekomendasi untuk memudahkan pembaca dalam menerapkan konsep evaluasi dalam berbagai situasi. Dengan penjelasan yang jelas dan terstruktur, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat berguna bagi para pelaku evaluasi, peneliti, pengelola program, dan akademisi yang ingin meningkatkan kualitas dan transparansi dalam pelaksanaan program.
Program adalah rencana dari sebuah sistem Suatu rencana perlu dituangkan secara tertulis sehingga dapat dipelajari oleh semua pihak yang terlibat Dalam praktiknya sering kali pelaksanaan suatu kegiatan program atau proyek tidak sesuai dengan rencana
Jumlah Halaman | 374 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Rosda |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-446-336-6 |
eISBN | 978-602-446-352-6 |