Logo Bacabuku
Evaluasi Program Pendidikan: Teori dan Implementasi

Evaluasi Program Pendidikan: Teori dan Implementasi

Nur Sholeh
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep, prosedur, dan pelaporan evaluasi pendidikan secara komprehensif, serta menjelaskan pentingnya evaluasi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Mulai dari pengertian dasar evaluasi pendidikan hingga prosedur pelaksanaannya, buku ini memberikan panduan sistematis dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan pelaporan hasil evaluasi. Selain itu, buku ini juga membahas ruang lingkup evaluasi pendidikan dan bagaimana hasil evaluasi digunakan untuk tindak lanjut dalam pengembangan program pendidikan. Buku ini juga menjelaskan konsep *need assessment* dan perencanaan program pendidikan yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dan lingkungan pembelajaran. Dalam bab terpisah, buku ini menyoroti upaya menuju madrasah unggul melalui manajemen peningkatan mutu dan pengembangan program pendidikan yang berkelanjutan. Dalam konteks kurikulum 2013, buku ini membahas penerapan *Higher Order Thinking Skill (HOTS)* dalam model pembelajaran Bahasa Arab, termasuk pengembangan evaluasi berbasis HOTS. Selanjutnya, buku ini juga mengupas strategi aktif membaca literasi dalam Bahasa Arab dengan pendekatan kooperatif tipe *Think Pair Share (TPS)*. Buku ini menjelaskan metode, ciri-ciri, serta keunggulan model pembelajaran ini dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa. Seluruh bab diakhiri dengan kesimpulan yang mengintegrasikan teori dan implementasi praktis, sehingga membantu pembaca dalam memahami dan menerapkan konsep evaluasi pendidikan secara efektif.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep, prosedur, dan pelaporan evaluasi pendidikan secara komprehensif, serta menjelaskan pentingnya evaluasi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Mulai dari pengertian dasar evaluasi pendidikan hingga prosedur pelaksanaannya, buku ini memberikan panduan sistematis dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan pelaporan hasil evaluasi. Selain itu, buku ini juga membahas ruang lingkup evaluasi pendidikan dan bagaimana hasil evaluasi digunakan untuk tindak lanjut dalam pengembangan program pendidikan. Buku ini juga menjelaskan konsep *need assessment* dan perencanaan program pendidikan yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dan lingkungan pembelajaran. Dalam bab terpisah, buku ini menyoroti upaya menuju madrasah unggul melalui manajemen peningkatan mutu dan pengembangan program pendidikan yang berkelanjutan. Dalam konteks kurikulum 2013, buku ini membahas penerapan *Higher Order Thinking Skill (HOTS)* dalam model pembelajaran Bahasa Arab, termasuk pengembangan evaluasi berbasis HOTS. Selanjutnya, buku ini juga mengupas strategi aktif membaca literasi dalam Bahasa Arab dengan pendekatan kooperatif tipe *Think Pair Share (TPS)*. Buku ini menjelaskan metode, ciri-ciri, serta keunggulan model pembelajaran ini dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa. Seluruh bab diakhiri dengan kesimpulan yang mengintegrasikan teori dan implementasi praktis, sehingga membantu pembaca dalam memahami dan menerapkan konsep evaluasi pendidikan secara efektif.

Detail Buku

Jumlah Halaman 84
Kategori Pendidikan
Penerbit PT. Mediaguru Digital Indonesia
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-602-497-624-8
eISBN
Evaluasi Program Pendidikan: Teori dan Implementasi

Evaluasi Program Pendidikan: Teori dan Implementasi

Nur Sholeh