Sinopsis Buku: Buku ini menyajikan panduan komprehensif mengenai evaluasi program dalam konteks pendidikan, khususnya dalam bidang teknologi pembelajaran kejuruan teknik. Buku ini terdiri dari delapan bab yang masing-masing membahas spektrum utama terkait dengan evaluasi program pembelajaran. Bab I menjelaskan konsep dasar evaluasi program dan pentingnya evaluasi dalam pengembangan program berorientasi pada hasil. Bab II membahas prinsip-prinsip pengembangan program, sedangkan Bab III berfokus pada identifikasi kebutuhan dan tujuan program. Bab IV menjelaskan tahapan pengembangan program, termasuk tahapan kinerja pra-pembelajaran, awal pembelajaran, inti pembelajaran, dan akhir pembelajaran. Bab V membahas peranan dan jenis instrumen evaluasi program, seperti kuesioner, survey sikap, bentuk tes, pedoman wawancara, kelompok terfokus, pedoman pengamatan, dan rekaman perilaku. Bab VI menjelaskan karakteristik efektivitas instrumen evaluasi, meliputi validitas (validitas isi, konstruk, konkuren, dan peramal) serta reliabilitas instrumen. Bab VII membahas prosedur pengembangan instrumen evaluasi, termasuk identifikasi informasi awal yang relevan dan langkah-langkah dalam pengembangan instrumen. Bab VIII merangkum keseluruhan isi buku dan memberikan panduan praktis untuk penggunaan evaluasi program dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan layanan pendidikan. Buku ini merupakan referensi yang sangat berguna bagi para akademisi, evaluator, mahasiswa, dan praktisi pendidikan yang ingin memperdalam pemahaman dan kemampuan dalam bidang evaluasi program.
Sinopsis Buku: Buku ini menyajikan panduan komprehensif mengenai evaluasi program dalam konteks pendidikan, khususnya dalam bidang teknologi pembelajaran kejuruan teknik. Buku ini terdiri dari delapan bab yang masing-masing membahas spektrum utama terkait dengan evaluasi program pembelajaran. Bab I menjelaskan konsep dasar evaluasi program dan pentingnya evaluasi dalam pengembangan program berorientasi pada hasil. Bab II membahas prinsip-prinsip pengembangan program, sedangkan Bab III berfokus pada identifikasi kebutuhan dan tujuan program. Bab IV menjelaskan tahapan pengembangan program, termasuk tahapan kinerja pra-pembelajaran, awal pembelajaran, inti pembelajaran, dan akhir pembelajaran. Bab V membahas peranan dan jenis instrumen evaluasi program, seperti kuesioner, survey sikap, bentuk tes, pedoman wawancara, kelompok terfokus, pedoman pengamatan, dan rekaman perilaku. Bab VI menjelaskan karakteristik efektivitas instrumen evaluasi, meliputi validitas (validitas isi, konstruk, konkuren, dan peramal) serta reliabilitas instrumen. Bab VII membahas prosedur pengembangan instrumen evaluasi, termasuk identifikasi informasi awal yang relevan dan langkah-langkah dalam pengembangan instrumen. Bab VIII merangkum keseluruhan isi buku dan memberikan panduan praktis untuk penggunaan evaluasi program dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan layanan pendidikan. Buku ini merupakan referensi yang sangat berguna bagi para akademisi, evaluator, mahasiswa, dan praktisi pendidikan yang ingin memperdalam pemahaman dan kemampuan dalam bidang evaluasi program.
Jumlah Halaman | 394 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-6397-63-8 |
eISBN |