Sinopsis Buku Evaluasi Pendidikan Buku ini merupakan referensi akademik yang komprehensif mengenai konsep, prinsip, dan praktik evaluasi pendidikan. Buku ini terdiri dari delapan bab yang membahas berbagai aspek kritis dalam evaluasi pendidikan, pengukuran, dan penilaian. Bab I menjelaskan tentang pengertian, fungsi, dan pentingnya evaluasi pendidikan, serta membedah pengukuran dan penilaian dalam konteks pendidikan. Bab II membahas hubungan antara pendidikan dan evaluasi pendidikan, termasuk pengertian dan tujuan pendidikan serta fungsi pendidikan dalam konteks pembelajaran. Bab III memperkenalkan prinsip, karakteristik, dan jenis-jenis evaluasi pendidikan, sedangkan Bab IV menjelaskan teknik-teknik yang digunakan dalam evaluasi pendidikan. Bab V membahas standar penilaian pendidikan dan tahapan evaluasi yang sistematis. Bab VI menyoroti tingkat kesukaran dan daya beda dalam soal-soal evaluasi, sementara Bab VII menjelaskan konsep belajar dan hasil belajar, serta Bab VIII berfokus pada penilaian hasil belajar, termasuk pengertian skor, bobot, validitas, dan reliabilitas tes. Buku ini ditujukan untuk mahasiswa Fakultas Ilmu dan Tarbiyah dan Keguruan yang mengambil mata kuliah Evaluasi Pendidikan, serta menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para praktisi pendidikan, khususnya dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Dengan penjelasan yang jelas dan terstruktur, buku ini berupaya untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam melakukan evaluasi pendidikan secara efektif dan berkelanjutan.
Buku tentang pendidikan yang berjudul Evaluasi Pendidikan merupakan buku karya Mardiah Astuti Buku ini ditulis sebagai salah satu referensi untuk sumber belajar bagi mahasiswa di Fakultas Ilmu dan Tarbiyah dan Keguruan yang mengambil mata kuliah Evaluasi Pendidikan Buku Evaluasi Pendidikan ini terdiri dari delapan bab yaitu Bab I membahas tentang Evaluasi Pendidikan Pengukuran dan Penilaian Bab II membahas tentang Hubungan Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan Bab III membahas Prinsip Karakteristik dan Jenis Jenis Evaluasi Pendidikan Bab IV membahas tentang Teknik Evaluasi Pendidikan Bab V membahas Standar Penilaian Pendidikan dan Tahapan Evaluasi Pendidikan Bab VI membahas tentang Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Bab VII membahas tentang Belajar dan Hasil Belajar dan Bab VIII membahas tentang Penilaian Hasil Belajar
Jumlah Halaman | 150 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-02-4657-9 |
eISBN | 978-623-02-5187-0 |