Logo Bacabuku
Evaluasi Pendidikan

Evaluasi Pendidikan

Mohtar Kusuma, M.Pd
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang konsep, prinsip, dan berbagai model evaluasi pendidikan yang relevan dalam proses pembelajaran. Mulai dari pengertian evaluasi, fungsi, cakupan, serta syarat dan tujuan evaluasi pendidikan, buku ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai pentingnya evaluasi dalam sistem pendidikan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan berbagai metode evaluasi yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, termasuk evaluasi dalam proses belajar mengajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran. Buku ini juga memperkenalkan peran evaluasi pendidikan dalam mengidentifikasi perubahan perilaku siswa, mengukur homogenitas, dan menilai reliabilitas instrumen evaluasi. Dalam bab terpisah, buku ini menjelaskan berbagai model evaluasi seperti model Tyler, model sumatif dan formatif, model CIPP, model Connoisseurship, serta model lainnya yang dapat dipertimbangkan dalam penyusunan dan pemanfaatan evaluasi pendidikan. Selain itu, buku ini menjelaskan bagaimana menyusun tujuan instruksional yang efektif, serta bagaimana memfasilitasi partisipasi siswa dalam proses evaluasi. Dengan pendekatan yang terstruktur dan informatif, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat bermanfaat bagi para guru, pengelola pendidikan, dan calon pendidik yang ingin memahami dan menerapkan evaluasi pendidikan secara efektif.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang konsep, prinsip, dan berbagai model evaluasi pendidikan yang relevan dalam proses pembelajaran. Mulai dari pengertian evaluasi, fungsi, cakupan, serta syarat dan tujuan evaluasi pendidikan, buku ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai pentingnya evaluasi dalam sistem pendidikan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan berbagai metode evaluasi yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, termasuk evaluasi dalam proses belajar mengajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran. Buku ini juga memperkenalkan peran evaluasi pendidikan dalam mengidentifikasi perubahan perilaku siswa, mengukur homogenitas, dan menilai reliabilitas instrumen evaluasi. Dalam bab terpisah, buku ini menjelaskan berbagai model evaluasi seperti model Tyler, model sumatif dan formatif, model CIPP, model Connoisseurship, serta model lainnya yang dapat dipertimbangkan dalam penyusunan dan pemanfaatan evaluasi pendidikan. Selain itu, buku ini menjelaskan bagaimana menyusun tujuan instruksional yang efektif, serta bagaimana memfasilitasi partisipasi siswa dalam proses evaluasi. Dengan pendekatan yang terstruktur dan informatif, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat bermanfaat bagi para guru, pengelola pendidikan, dan calon pendidik yang ingin memahami dan menerapkan evaluasi pendidikan secara efektif.

Detail Buku

Jumlah Halaman 156
Kategori Umum
Penerbit Multi Kreasi Satudelapan
Tahun Terbit 2010
ISBN 978-979-073-307-7
eISBN 978-979-073-893-5
Evaluasi Pendidikan

Evaluasi Pendidikan

Mohtar Kusuma, M.Pd