Sinopsis Buku: Buku ini mengupas secara mendalam konsep evaluasi pendidikan dari perspektif Islam, dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis pada prinsip-prinsip ajaran Islam. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang membahas berbagai aspek terkait evaluasi pendidikan, seperti pengertian evaluasi, istilah-istilah evaluasi dalam Al-Qur’an, tujuan dan prinsip-prinsip evaluasi, serta unsur-unsur yang melengkapi proses evaluasi dalam pendidikan Islam. Selain itu, buku ini juga menjelaskan teknik penyusunan dan pelaksanaan tes hasil belajar, ciri-ciri tes yang baik, serta prinsip-prinsip dasar dalam penyusunan tes. Buku ini juga menyajikan bentuk-bentuk tes hasil belajar dan teknik-teknik yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi hasil belajar. Dalam bab terpisah, buku ini juga menyebutkan tentang validitas tes dan validitas item, serta memberikan contoh-contoh pengolahan hasil evaluasi tes dan nontes. Buku ini juga menyertakan pandangan dari para ahli seperti Dr. Rahmi, M.A., Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd., dan Dr. Hadeli, M.A., M.Pd., yang memberikan wawasan kritis dan mendalam mengenai evaluasi pendidikan dari perspektif Islam. Selain itu, buku ini juga menyebutkan fungsi dan sifat hak cipta, serta sanksi pelanggaran hak cipta yang diatur dalam UU No. 28 Tahun 2014. Dengan berbagai bab yang terstruktur dan informatif, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, pengelola pendidikan, dan calon pendidik yang ingin memahami lebih dalam tentang konsep evaluasi pendidikan dari perspektif Islam. Buku ini juga memberikan wawasan tentang bagaimana evaluasi dapat menjadi alat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengarahkan perilaku peserta didik secara positif sesuai dengan nilai-nilai Islam.
Buku islam dan pendidikan yang berjudul Evaluasi Pendidikan Perspektif Islam merupakan buku karya dari Rahmi Martin Kustati dan Hadeli Buku ini memberikan pengetahuan mengenai evaluasi dan komponen yang berpengaruh dalam pendidikan Jika pembelajran merupakan proses transfer ilmu dari pendidik kepada peserta didik yang bertujuan adanya perubahan dan pendewasaan dari diri peserta didik maka evaluasi merupakan komponen yang akan menjadi penambahan perilaku peserta didik Buku yang berjudul Evaluasi Pendidikan Perspektif Islam berisi membahas evaluasi yang merupakan bagian yang sangat penting dalam komponen pendidikan karena untuk melihat mutu pendidikan suatu bangsa dapat dilihat dari hasil evaluasinya Evaluasi dan komponen pendidikan lainnya sangat berpengaruh dalam kondisi politik suatu negara dan juga berpengaruh terhadap tujuan suatu negara
Jumlah Halaman | 146 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-02-4381-3 |
eISBN | 978-623-02-4512-1 |