Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif tentang Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar, yang mencakup teori dan praktik dalam penyusunan, pengembangan, serta penerapan instrumen evaluasi. Buku ini dirancang untuk mempermudah, memperjelas, dan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam memahami konsep-konsep dasar evaluasi pembelajaran. Buku ini membahas berbagai aspek seperti pengertian nilai, acuan penilaian, penentuan skor, serta pengertian dan jenis-jenis tes. Selain itu, buku ini juga menjelaskan langkah-langkah penyusunan dan pengembangan instrumen tes, termasuk penyusunan kisi-kisi, pengembangan draf instrumen, uji coba, dan analisis soal. Buku ini juga meliputi pembahasan mengenai validitas dan reliabilitas instrumen evaluasi, baik dalam bentuk tes maupun non tes. Selain itu, buku ini menyajikan informasi mengenai keterampilan berbahasa, menulis, menyimak, berbicara, berpikir, serta keterampilan belajar matematika, yang merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran dan evaluasi. Buku ini juga menjelaskan penilaian berbasis kelas dan penilaian portofolio sebagai bentuk evaluasi yang lebih holistik dan berkelanjutan. Dengan struktur yang sistematis dan penyajian yang menarik, buku ini bertujuan untuk membantu mahasiswa mencapai kompetensi dalam materi Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar secara mandiri dan efektif. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, calon guru, dan pelaku pendidikan yang ingin memperdalam pemahaman tentang evaluasi dalam konteks pembelajaran di Sekolah Dasar.
Buku Evaluasi Pembelajaran SD Teori dan Praktik ini dirancang untuk membantu guru dalam mengatasi permasalahan berkaitan dengan evaluasi penilaian kurikulum 2013 khususnya di Sekolah Dasar Agar para guru dan calon guru dapat lebih mendalami apa saja alat ukur dalam evaluasi pembelajaran serta bagaimana proses penilaian disusun untuk perbaikan dan pengembangan sistem pembelajaran Sehingga hasil evaluasi ini dapat digunakan untuk mendesain program pembelajaran berikutnya Buku ini mengemas beberapa contoh bentuk bentuk penilaian alat ukur penilaian serta instrumen penilaian yang sesuai dengan standar penyusunan penilaian tes dan non tes dengan dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dipahami dan dipraktikkan oleh guru di Sekolah Semoga dengan adanya buku ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca mengenai Evaluasi Pembelajaran SD ini baik dari segi teori maupun praktiknya Selamat Membaca
Jumlah Halaman | 270 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV JEJAK |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-247-304-1 |
eISBN | 978-623-247-305-8 |