Sinopsis Buku: Buku *Evaluasi Pembelajaran PAI* ini merupakan panduan komprehensif dalam mengembangkan dan menerapkan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Buku ini dirancang sebagai bahan ajar wajib bagi mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) dan Negeri (PTAIN), mulai dari STAIN, IAIN hingga UIN di seluruh Indonesia. Buku ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 yang menekankan penerapan teori dalam proses pembelajaran PAI, terutama dalam metode pembelajaran di lembaga pendidikan, baik di sekolah maupun perguruan tinggi. Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam evaluasi pembelajaran PAI, seperti prinsip acuan evaluasi, pengembangan tes potensi pelajar, evaluasi dan peningkatan pembelajaran PAI, peran guru dalam evaluasi, serta peningkatan mutu pendidikan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang empat unsur utama dalam pembelajaran PAI, yaitu nilai aqidah, akhlak (moral), al-Qur’an dan sunnah, sejarah, serta prinsip-prinsip tarbiyah Islamiyah. Buku ini bertujuan untuk memberikan referensi yang terstruktur dan mendalam bagi pengembangan evaluasi pembelajaran PAI secara menyeluruh. Dengan pendekatan yang jelas dan terarah, buku ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi para pembaca, baik dalam konteks akademik maupun praktis di lapangan.
Sinopsis Buku: Buku *Evaluasi Pembelajaran PAI* ini merupakan panduan komprehensif dalam mengembangkan dan menerapkan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Buku ini dirancang sebagai bahan ajar wajib bagi mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) dan Negeri (PTAIN), mulai dari STAIN, IAIN hingga UIN di seluruh Indonesia. Buku ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 yang menekankan penerapan teori dalam proses pembelajaran PAI, terutama dalam metode pembelajaran di lembaga pendidikan, baik di sekolah maupun perguruan tinggi. Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam evaluasi pembelajaran PAI, seperti prinsip acuan evaluasi, pengembangan tes potensi pelajar, evaluasi dan peningkatan pembelajaran PAI, peran guru dalam evaluasi, serta peningkatan mutu pendidikan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang empat unsur utama dalam pembelajaran PAI, yaitu nilai aqidah, akhlak (moral), al-Qur’an dan sunnah, sejarah, serta prinsip-prinsip tarbiyah Islamiyah. Buku ini bertujuan untuk memberikan referensi yang terstruktur dan mendalam bagi pengembangan evaluasi pembelajaran PAI secara menyeluruh. Dengan pendekatan yang jelas dan terarah, buku ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi para pembaca, baik dalam konteks akademik maupun praktis di lapangan.
Jumlah Halaman | 154 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Pustaka Ilmu |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-6835-11-6 |
eISBN |