Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI*, yang merupakan panduan lengkap mengenai konsep, prinsip, dan praktik evaluasi pembelajaran di jenjang pendidikan dasar. Buku ini ditulis dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana melakukan evaluasi pembelajaran secara autentik, berfokus pada penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. Penulis menjelaskan peran dan tanggung jawab guru kelas, guru wali kelas, dan guru mata pelajaran dalam proses evaluasi pembelajaran. Terutama dalam jenjang MI/SD, guru kelas memiliki tanggung jawab untuk melakukan evaluasi terhadap muatan pelajaran yang terintegrasi dalam tema pembelajaran, seperti Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang perencanaan dan pelaksanaan penilaian hasil belajar autentik, yang merupakan bagian penting dari evaluasi pembelajaran. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, guru, dan calon guru yang ingin memahami dan menerapkan metode evaluasi pembelajaran yang efektif dan berbasis kompetensi. Dengan pendekatan yang jelas, praktis, dan berorientasi pada kebutuhan pembelajaran di jenjang SD dan MI, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pendidik dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan evaluasi di sekolah.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI*, yang merupakan panduan lengkap mengenai konsep, prinsip, dan praktik evaluasi pembelajaran di jenjang pendidikan dasar. Buku ini ditulis dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana melakukan evaluasi pembelajaran secara autentik, berfokus pada penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. Penulis menjelaskan peran dan tanggung jawab guru kelas, guru wali kelas, dan guru mata pelajaran dalam proses evaluasi pembelajaran. Terutama dalam jenjang MI/SD, guru kelas memiliki tanggung jawab untuk melakukan evaluasi terhadap muatan pelajaran yang terintegrasi dalam tema pembelajaran, seperti Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang perencanaan dan pelaksanaan penilaian hasil belajar autentik, yang merupakan bagian penting dari evaluasi pembelajaran. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, guru, dan calon guru yang ingin memahami dan menerapkan metode evaluasi pembelajaran yang efektif dan berbasis kompetensi. Dengan pendekatan yang jelas, praktis, dan berorientasi pada kebutuhan pembelajaran di jenjang SD dan MI, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pendidik dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan evaluasi di sekolah.
Jumlah Halaman | 241 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Rosda |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-446-220-8 |
eISBN | 978-602-446-262-8 |