Sinopsis Buku: Buku ini membahas prinsip dasar evaluasi pembelajaran yang relevan dengan Kurikulum Nasional. Buku ini ditujukan sebagai panduan bagi mahasiswa calon guru dalam mata kuliah *Evaluasi Pembelajaran* pada Program Studi Rumpun IPA (Kimia, Fisika, dan Biologi). Buku ini berisi materi tentang pengertian evaluasi, penilaian, dan pengukuran, serta kaitan antara ketiga konsep tersebut dalam praktik pembelajaran. Selain itu, buku ini juga menjelaskan jenis-jenis penilaian berdasarkan fungsi, aspek-aspek yang menjadi target penilaian, dan langkah-langkah pokok dalam penyusunan perangkat penilaian. Buku ini mencakup topik-topik seperti dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif, teknik penyusunan perangkat penilaian, serta penilaian tertulis seperti tes objektif dan tes esai. Buku ini juga menjelaskan karakteristik afektif, penyusunan perangkat penilaian afektif, dan penilaian diri. Selanjutnya, buku ini membahas validitas dan reliabilitas dalam penilaian, termasuk analisis butir soal, analisis validitas, dan analisis reliabilitas. Buku ini juga menjelaskan pengolahan dan pelaporan data hasil penilaian, serta penggunaannya dalam menentukan ketuntasan belajar dan perbaikan kualitas pembelajaran. Dengan memahami konsep-konsep ini, mahasiswa calon guru diharapkan dapat mengembangkan kompetensi pedagogiknya dalam melakukan penilaian terhadap proses dan hasil belajar siswa di sekolah atau madrasah. Buku ini dilengkapi dengan rangkuman, daftar istilah, dan soal-soal latihan untuk memperkaya pemahaman pembaca.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas prinsip dasar evaluasi pembelajaran yang relevan dengan Kurikulum Nasional. Buku ini ditujukan sebagai panduan bagi mahasiswa calon guru dalam mata kuliah *Evaluasi Pembelajaran* pada Program Studi Rumpun IPA (Kimia, Fisika, dan Biologi). Buku ini berisi materi tentang pengertian evaluasi, penilaian, dan pengukuran, serta kaitan antara ketiga konsep tersebut dalam praktik pembelajaran. Selain itu, buku ini juga menjelaskan jenis-jenis penilaian berdasarkan fungsi, aspek-aspek yang menjadi target penilaian, dan langkah-langkah pokok dalam penyusunan perangkat penilaian. Buku ini mencakup topik-topik seperti dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif, teknik penyusunan perangkat penilaian, serta penilaian tertulis seperti tes objektif dan tes esai. Buku ini juga menjelaskan karakteristik afektif, penyusunan perangkat penilaian afektif, dan penilaian diri. Selanjutnya, buku ini membahas validitas dan reliabilitas dalam penilaian, termasuk analisis butir soal, analisis validitas, dan analisis reliabilitas. Buku ini juga menjelaskan pengolahan dan pelaporan data hasil penilaian, serta penggunaannya dalam menentukan ketuntasan belajar dan perbaikan kualitas pembelajaran. Dengan memahami konsep-konsep ini, mahasiswa calon guru diharapkan dapat mengembangkan kompetensi pedagogiknya dalam melakukan penilaian terhadap proses dan hasil belajar siswa di sekolah atau madrasah. Buku ini dilengkapi dengan rangkuman, daftar istilah, dan soal-soal latihan untuk memperkaya pemahaman pembaca.
Jumlah Halaman | 225 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Rosda |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-446-032-7 |
eISBN | 978-602-446-150-8 |