Buku ini menjawab kebutuhan zaman tentang perlunya referensi untuk menerapkan evaluasi pembelajaran khusunya pada bidang bahasa dan sastra secara benar dan spesifik Evaluasi pembelajaran ibarat cermin untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran Agar fungsi untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran maksimal evaluasi harus dilaksanakan dengan benar Buku ini menyajikan berbagai kompoten agar evaluasi dapat ditegakkan dengan benar mulai dari hakikat evaluasi penilaian pembelajaran prinsip prinsip penilaian penilaian berbasis higher order thinking skills penilaian kebahasaan dan kesusasteraan penilaian keterampilan berbahasa penilaian apresiasi sastra dan uji kemahiran berbahasa Selain menyajikan prinsip prinsip pokok dalam evaluasi buku ini membahas lebih dalam penerapan evaluasi dalam pembelajaran bahasa dan Sastra Indonesia Oleh karena itu buku ini sangat cocok digunakan oleh guru bahasa terutama Bahasa Indonesia mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan para peneliti yang memiliki konsentrasi dalam bidang evaluasi pembelajaran Buku ini menjawab kebutuhan zaman tentang perlunya referensi untuk menerapkan evaluasi pembelajaran khusunya pada bidang bahasa dan sastra secara benar dan spesifik Evaluasi pembelajaran ibarat cermin untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran Agar fungsi untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran maksimal evaluasi harus dilaksanakan dengan benar Buku ini menyajikan berbagai kompoten agar evaluasi ...dapat ditegakkan dengan benar mulai dari hakikat evaluasi penilaian pembelajaran prinsip prinsip penilaian penilaian berbasis higher order thinking skills penilaian kebahasaan dan kesusasteraan penilaian keterampilan berbahasa penilaian apresiasi sastra dan uji kemahiran berbahasa Selain menyajikan prinsip prinsip pokok dalam evaluasi buku ini membahas lebih dalam penerapan evaluasi dalam pembelajaran bahasa dan Sastra Indonesia Oleh karena itu buku ini sangat cocok digunakan oleh guru bahasa terutama Bahasa Indonesia mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan para peneliti yang memiliki konsentrasi dalam bidang evaluasi pembelajaran