Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia*, yang merupakan bagian penting dalam kurikulum pendidikan bahasa. Evaluasi tidak hanya berfungsi sebagai alat penilaian akhir, tetapi juga sebagai proses berkelanjutan yang melibatkan pengumpulan dan penafsiran informasi untuk menilai keberhasilan proses pembelajaran. Dalam buku ini, penulis menjelaskan secara rinci tentang konsep evaluasi, perannya dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta berbagai jenis tes yang digunakan dalam evaluasi tersebut, seperti tes berbicara, menulis, membaca, dan menyimak. Selain itu, buku ini juga membahas pentingnya evaluasi dalam menentukan keberhasilan pembelajaran, baik dari segi proses maupun hasil. Evaluasi juga berfungsi sebagai alat untuk memperbaiki metode pembelajaran yang digunakan guru, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Dengan memahami konsep dan prinsip evaluasi yang tepat, guru dapat memastikan bahwa pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien, serta mampu memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa. Buku ini sangat relevan bagi para guru, dosen, serta calon pengembang kurikulum yang ingin memperdalam pemahaman tentang evaluasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Dengan penjelasan yang jelas dan terstruktur, buku ini menjadi sumber acuan yang bermanfaat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan bahasa.
Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah kurikulum Walaupun dalam tatanan kurikulum evaluasi berada di urutan terakhir evaluasi berperan penting untuk menentukan sukses atau tidaknya proses pembelajaran yang dilakukan selama ini sekaligus mempengaruhi proses pembelajaran selanjutnya
Jumlah Halaman | 148 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Nuta Media |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6040-25-6 |
eISBN | proses |