Buku ini disusun dengan tujuan memberikan pemahaman secara konseptual dan beberapa contoh aplikatif untuk mempermudah bagi mereka yang ingin melakukan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk menjawab tantangan ini penulis mencoba untuk memfokuskan pembahasan evaluasi pembelajaran bahasa Arab menjadi pokok bahasan keseluruhan isi buku ini Konsep dari isi buku ini berorientasi pada empat hal Pertama keterampilan bahasa secara teoretis Ke dua urgensi dan tujuan pembelajaran keterampilan bahasa Ke tiga gradasi pembelajaran keterampilan berbahasa dan contoh contoh soal Ke empat refleksi dan latihan soal yang dapat menjadi daya nalar pembaca dalam menyusun tes atau soal Selain membahas keterampilan bahasa melalui konsep tersebut buku ini juga menyajikan pembahasan berkaitan dengan evaluasi penilaian dan pengukuran Selanjutnya pada akhir sub pembahasan dari buku ini disajikan pula beberapa diskusi fakta lapangan yang terjadi berkaitan dengan problematika evaluasi pembelajaran bahasa Arab Sehingga dalam buku ini penulis mencoba memantik wawasan para pembaca guru dan mahasiswa bahwa setelah membaca buku ini ada sebuah perubahan dan kemajuan bagi mereka dalam melakukan penilaian pengukuran ataupun evaluasi pembelajaran bahasa Arab Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan diantaranya Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Higher Order Thinking Skill HOTS Pengembangan Instrumen Evaluasi Keterampilan Menyimak Pengembangan Instrumen Evaluasi Keterampilan Berbicara Pengembangan Instrumen Evaluasi Keterampilan Membaca Pengembangan Instrumen Evaluasi Keterampilan Menulis Pengembangan Instrumen Evaluasi Tarkib dan Kosakata Analisis Kualitas Tes dan Butir SoalBuku ini disusun dengan tujuan memberikan pemahaman secara konseptual dan beberapa contoh aplikatif untuk mempermudah bagi mereka yang ingin melakukan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk menjawab tantangan ini penulis mencoba untuk memfokuskan pembahasan evaluasi pembelajaran bahasa Arab menjadi pokok bahasan keseluruhan isi buku ini Konsep dari isi buku ini berorientasi pada ...empat hal Pertama keterampilan bahasa secara teoretis Ke dua urgensi dan tujuan pembelajaran keterampilan bahasa Ke tiga gradasi pembelajaran keterampilan berbahasa dan contoh contoh soal Ke empat refleksi dan latihan soal yang dapat menjadi daya nalar pembaca dalam menyusun tes atau soal Selain membahas keterampilan bahasa melalui konsep tersebut buku ini juga menyajikan pembahasan berkaitan dengan evaluasi penilaian dan pengukuran Selanjutnya pada akhir sub pembahasan dari buku ini disajikan pula beberapa diskusi fakta lapangan yang terjadi berkaitan dengan problematika evaluasi pembelajaran bahasa Arab Sehingga dalam buku ini penulis mencoba memantik wawasan para pembaca guru dan mahasiswa bahwa setelah membaca buku ini ada sebuah perubahan dan kemajuan bagi mereka dalam melakukan penilaian pengukuran ataupun evaluasi pembelajaran bahasa Arab Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan diantaranya Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Higher Order Thinking Skill HOTS Pengembangan Instrumen Evaluasi Keterampilan Menyimak Pengembangan Instrumen Evaluasi Keterampilan Berbicara Pengembangan Instrumen Evaluasi Keterampilan Membaca Pengembangan Instrumen Evaluasi Keterampilan Menulis Pengembangan Instrumen Evaluasi Tarkib dan Kosakata Analisis Kualitas Tes dan Butir Soal