Sinopsis Buku: Buku ini berjudul *Evaluasi Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah*, yang ditulis oleh Farida Hanun dan diedit oleh Khaeron Sirin. Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis di beberapa sekolah negeri di Bandung, Jawa Barat. Buku ini bertujuan untuk membedah permasalahan dan tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan agama di sekolah, serta menawarkan alternatif solusi untuk perbaikan proses pembelajaran tersebut. Buku ini membahas berbagai aspek terkait evaluasi Kompetensi Dasar (KD) dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), termasuk peninjauan ulang materi, penambahan porsi toleransi dan kebangsaan dalam KD PAI, serta penambahan materi terkait memperkenalkan perbedaan intra-agama (mazhab, sekte) dan antar-agama. Selain itu, buku ini juga mengeksplorasi keterkaitan aspek sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan dalam implementasi KD, serta mengevaluasi kesesuaian ayat-ayat Al-Qur’an dengan KD. Buku ini juga menyoroti pentingnya pengulangan materi di tiap level, pengayaan materi di luar KD, dan penentuan prioritas materi dalam pembelajaran PAI. Dalam buku ini, penulis juga menyadari adanya kelemahan dalam penulisan dan mengharapkan masukan serta kritik konstruktif dari para pembaca untuk penyempurnaan buku ini. Buku ini dilengkapi dengan daftar pustaka dan lampiran untuk memperkaya kualitas dan keakuratan informasi yang disampaikan.
Alhasil buku ini mengungkap beberapa temuan menarik terkait inkonsistensi pengulangan dan ketidaksinkronan antara kompetensi dasar dengan materi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran
Jumlah Halaman | 78 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-495-399-2 |
eISBN | proses |