Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang konsep, teori, dan implementasi dalam pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebagai bagian dari kebijakan pendidikan nasional. Buku ini terdiri dari beberapa bagian yang saling terkait, yaitu: 1. Bagian 2 membahas teori dan konsep dalam evaluasi kebijakan pendidikan, termasuk definisi kebijakan, kategori kebijakan, serta konsep evaluasi kebijakan. Bagian ini memberikan fondasi teoritis yang mendukung pemahaman terhadap proses evaluasi kebijakan pendidikan. 2. Bagian 3 menjelaskan deskripsi model kebijakan BOS yang dievaluasi, termasuk deskripsi kebijakan evaluasi dan model evaluasi kebijakan BOS. Bagian ini memberikan gambaran tentang bagaimana kebijakan BOS diimplementasikan serta bagaimana evaluasi dilakukan untuk menilai efektivitas dan keberlanjutan kebijakan tersebut. 3. Bagian 4 berisi narasi kajian ilmiah yang mencakup tujuan penelitian, tempat dan waktu penelitian, pendekatan, metode, desain penelitian, instrumen penelitian, teknik dan prosedur pengumpulan data, teknik analisis data, triangulasi, serta komponen-komponen evaluasi kebijakan. Bagian ini menjelaskan secara rinci metodologi penelitian yang digunakan dalam evaluasi kebijakan BOS, serta langkah-langkah yang dilakukan untuk memastikan keandalan dan validitas hasil penelitian. Selain itu, buku ini juga menyebutkan bahwa kebijakan BOS merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang bertujuan membebaskan siswa miskin dari pungutan di sekolah negeri maupun swasta. BOS menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan akses pendidikan yang merata dan berkeadilan, khususnya dalam mendukung program wajib belajar sembilan tahun. Buku ini sangat relevan bagi para peneliti, pendidik, pengelola kebijakan pendidikan, dan pemangku kepentingan lainnya yang tertarik memahami dan mengevaluasi kebijakan pendidikan, khususnya dalam konteks pengelolaan BOS.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang konsep, teori, dan implementasi dalam pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebagai bagian dari kebijakan pendidikan nasional. Buku ini terdiri dari beberapa bagian yang saling terkait, yaitu: 1. Bagian 2 membahas teori dan konsep dalam evaluasi kebijakan pendidikan, termasuk definisi kebijakan, kategori kebijakan, serta konsep evaluasi kebijakan. Bagian ini memberikan fondasi teoritis yang mendukung pemahaman terhadap proses evaluasi kebijakan pendidikan. 2. Bagian 3 menjelaskan deskripsi model kebijakan BOS yang dievaluasi, termasuk deskripsi kebijakan evaluasi dan model evaluasi kebijakan BOS. Bagian ini memberikan gambaran tentang bagaimana kebijakan BOS diimplementasikan serta bagaimana evaluasi dilakukan untuk menilai efektivitas dan keberlanjutan kebijakan tersebut. 3. Bagian 4 berisi narasi kajian ilmiah yang mencakup tujuan penelitian, tempat dan waktu penelitian, pendekatan, metode, desain penelitian, instrumen penelitian, teknik dan prosedur pengumpulan data, teknik analisis data, triangulasi, serta komponen-komponen evaluasi kebijakan. Bagian ini menjelaskan secara rinci metodologi penelitian yang digunakan dalam evaluasi kebijakan BOS, serta langkah-langkah yang dilakukan untuk memastikan keandalan dan validitas hasil penelitian. Selain itu, buku ini juga menyebutkan bahwa kebijakan BOS merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang bertujuan membebaskan siswa miskin dari pungutan di sekolah negeri maupun swasta. BOS menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan akses pendidikan yang merata dan berkeadilan, khususnya dalam mendukung program wajib belajar sembilan tahun. Buku ini sangat relevan bagi para peneliti, pendidik, pengelola kebijakan pendidikan, dan pemangku kepentingan lainnya yang tertarik memahami dan mengevaluasi kebijakan pendidikan, khususnya dalam konteks pengelolaan BOS.
Jumlah Halaman | 189 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Lontar Mediatama |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-5482-72-4 |
eISBN |