Logo Bacabuku
Etnografi Media

Etnografi Media

Dr. Petrus Ana Andung, S.Sos., M.Si
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian disertasi doktoral yang dituangkan dalam bentuk etnografi media, yang berjudul *ETNOGRAFI MEDIA: Potret Budaya Televisi Masyarakat Perbatasan*. Penelitian ini dilakukan dalam rangka memahami peran dan konstruksi budaya televisi dalam kehidupan masyarakat perbatasan, baik di Indonesia maupun di Timor Leste. Televisi dalam konteks ini tidak hanya dianggap sebagai alat hiburan, tetapi juga sebagai simbol kebanggaan nasional dan sebagai referensi ekonomi dalam menjalankan aktifitas bisnis di pasar perbatasan. Penelitian ini menggunakan metode etnografi media sebagai pendekatan untuk menggali bagaimana televisi hadir, berinteraksi, dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat perbatasan. Dalam konteks sosial dan budaya, televisi tidak hanya memengaruhi pola hidup, tetapi juga menjadi medium yang membentuk identitas dan nilai-nilai sosial masyarakat tersebut. Penulis menegaskan bahwa kehadiran televisi secara fisik sering diasosiasikan dengan kemajuan ekonomi dan sosial, sehingga mengonstruksi televisi sebagai simbol kemakmuran dan keberhasilan. Buku ini merupakan hasil penelitian yang dipertahankan melalui sidang terbuka (promosi) pada 20 Desember 2018 di Program Doktor Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Bandung. Buku ini juga dilengkapi dengan karya yang telah dipublikasikan dalam beberapa jurnal akademik dan buku referensi. Buku ini memberikan wawasan mendalam tentang interaksi budaya, teknologi, dan sosial dalam konteks masyarakat perbatasan, serta mengungkap peran penting televisi dalam membangun identitas dan memperkuat nilai-nilai sosial di tengah kehidupan sehari-hari.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian disertasi doktoral yang dituangkan dalam bentuk etnografi media, yang berjudul *ETNOGRAFI MEDIA: Potret Budaya Televisi Masyarakat Perbatasan*. Penelitian ini dilakukan dalam rangka memahami peran dan konstruksi budaya televisi dalam kehidupan masyarakat perbatasan, baik di Indonesia maupun di Timor Leste. Televisi dalam konteks ini tidak hanya dianggap sebagai alat hiburan, tetapi juga sebagai simbol kebanggaan nasional dan sebagai referensi ekonomi dalam menjalankan aktifitas bisnis di pasar perbatasan. Penelitian ini menggunakan metode etnografi media sebagai pendekatan untuk menggali bagaimana televisi hadir, berinteraksi, dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat perbatasan. Dalam konteks sosial dan budaya, televisi tidak hanya memengaruhi pola hidup, tetapi juga menjadi medium yang membentuk identitas dan nilai-nilai sosial masyarakat tersebut. Penulis menegaskan bahwa kehadiran televisi secara fisik sering diasosiasikan dengan kemajuan ekonomi dan sosial, sehingga mengonstruksi televisi sebagai simbol kemakmuran dan keberhasilan. Buku ini merupakan hasil penelitian yang dipertahankan melalui sidang terbuka (promosi) pada 20 Desember 2018 di Program Doktor Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Bandung. Buku ini juga dilengkapi dengan karya yang telah dipublikasikan dalam beberapa jurnal akademik dan buku referensi. Buku ini memberikan wawasan mendalam tentang interaksi budaya, teknologi, dan sosial dalam konteks masyarakat perbatasan, serta mengungkap peran penting televisi dalam membangun identitas dan memperkuat nilai-nilai sosial di tengah kehidupan sehari-hari.

Detail Buku

Jumlah Halaman 219
Kategori Sosial
Penerbit Scopindo Media Pustaka
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-623-92163-8-2
eISBN 978-623-92163-9-9
Etnografi Media

Etnografi Media

Dr. Petrus Ana Andung, S.Sos., M.Si