Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang etika bisnis dalam perspektif Islam, dengan fokus utama pada konsep kepercayaan (trust) sebagai fondasi dari praktek bisnis dan pemasaran yang bermoral dan berakhlak. Penulis menjelaskan bahwa kepercayaan dalam bisnis Islam bukan hanya sekadar hubungan antara pihak pembeli dan penjual, tetapi juga mencerminkan prinsip-prinsip kepercayaan yang transenden (transcendental trust), yang merupakan bagian dari nilai-nilai keagamaan dalam Islam. Dalam buku ini, dibahas juga tentang konsep bisnis dan pemasaran Islam, termasuk perbedaan antara bisnis Islami dan non-Islami, serta prinsip-prinsip transaksi dalam bisnis Islam (Aqd). Selain itu, penulis menjelaskan bagaimana ajaran Islam tentang kepercayaan dapat menjadi konstruksi yang mendasari dalam pengambilan keputusan bisnis dan pemasaran yang adil, transparan, dan berkeadilan. Buku ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman yang mendalam tentang etika bisnis dalam Islam, agar para pembaca dapat berperan aktif dalam menciptakan masyarakat yang sejahtera melalui kegiatan ekonomi yang sesuai dengan ajaran agama. Buku ini sangat relevan bagi para pelaku bisnis, akademisi, dan calon pengusaha yang ingin memahami dan menerapkan nilai-nilai Islam dalam dunia usaha.
Bisnis adalah pertukaran barang jasa atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat Menurut arti dasarnya bisnis memiliki makna sebagai the buying and selling of goods and services Bisnis berlangsung karena adanya kebergantungan antarindividu adanya peluang internasional usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup dan lain sebagainya 1 Bisnis juga dipahami dengan suatu kegiatan usaha individu privat yang terorganisasi atau melembaga untuk menghasilkan dan menjual barang atau jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat 2 Bisnis dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan profit mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan pertumbuhan sosial dan tanggung jawab