Sinopsis Buku: Buku ini menjelaskan konsep etika akademis dalam perspektif Islam, dengan fokus pada pemikiran Badr al-Din ibn Jam‘ah, seorang penulis Muslim yang membahas topik ini secara mendalam. Buku ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran terhadap meningkatnya kasus plagiarisme dan kecurangan akademik di dunia pendidikan Indonesia, yang semakin merajalela akibat penggunaan teknologi informasi. Penulis menggambarkan bahwa masalah etika akademis bukan hanya soal moral, tetapi juga berkaitan erat dengan kualitas dan daya saing bangsa Indonesia. Dalam buku ini, penulis meneliti doktrin etika akademis dalam Al-Qur’an dan Hadis Nabawi, serta mengembangkan pemikiran filosofis tentang topik tersebut. Buku ini merupakan hasil disertasi yang diterbitkan pertama kali pada 2008, dan telah mendapatkan apresiasi yang baik dari pembaca. Edisi revisi ini mengandung pengembangan yang lebih mendalam untuk menjawab tantangan etika akademis di era modern. Buku ini menjadi referensi penting bagi akademisi, mahasiswa, dan pembaca yang tertarik pada etika akademis dalam konteks Islam.
Tugas dan tanggung jawab guru kelas dapat dikatakan sangat berat karena harus menjalankan tugas secara menyeluruh totalitas baik tugas menyampaikan materi pelajaran dan memberikan layanan bimbingan konseling kepada semua peserta didik tanpa terkecuali Pentingnya layanan bimbingan konseling di sekolah dasar bukan saja mengacu pada permasalahan semata melainkan semua aspek yang berkaitan dengan pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik seperti minat dan bakat Buku ini ditulis dan didesain pada Edisi Kedua berdasarkan silabi matakuliah bimbingan dan konseling yang berlaku di setiap jenjang pendidikan maupun di tingkat PT swasta maupun negeri yang sengaja dipersiapkan untuk calon guru guru kelas kepala sekolah mahasiswa maupun dosen yang akan dijadikan bahan ajar dalam matakuliah tersebut