Sinopsis Buku: Esensial Konseling: Pendekatan Trait and Factor dan Client Centered Buku ini merupakan panduan komprehensif tentang konseptual dan praktis dalam bidang konseling, dengan fokus pada dua pendekatan utama, yaitu *Trait and Factor* dan *Client Centered*. Buku ini dirancang untuk membantu mahasiswa Bimbingan Konseling serta guru pembimbing atau konselor sekolah dalam memahami prinsip-prinsip teoretis, konsep dasar, perkembangan tingkah laku, kondisi pengubahan, dan mekanisme pengubahan dalam proses konseling. Buku ini dimulai dengan pendahuluan yang menjelaskan tentang hakekat manusia dari perspektif teori konseling, serta menguraikan konsep dasar yang menjadi pondasi dari kedua pendekatan tersebut. Selanjutnya, bab kedua membahas definisi konseling, tujuannya, komponen utama, asas-asas, serta pendekatan dan teknik yang digunakan dalam praktik konseling. Di bab ketiga, buku ini menyajikan secara mendalam pendekatan *Trait and Factor*, termasuk hakekat manusia, konsep dasar, perkembangan tingkah laku, kondisi pengubahan, dan mekanisme pengubahan. Pendekatan ini berfokus pada pengidentifikasian kekuatan dan minat individu untuk memandu pengembangan diri dan mencapai tujuan hidup yang sesuai dengan potensi yang dimiliki. Sementara itu, pendekatan *Client Centered* menekankan pada pendekatan empati, penghargaan terhadap keunikan individu, dan upaya konselor untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung agar klien dapat mengembangkan konsep diri dan kepercayaan diri secara mandiri. Pendekatan ini menekankan peran konselor sebagai fasilitator yang membimbing klien untuk memahami diri dan memecahkan masalah secara internal. Dengan struktur yang terorganisir dan penjelasan yang jelas, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat relevan bagi para pelaku dan calon pelaku konseling yang ingin memperdalam pemahaman mereka tentang prinsip-prinsip dan praktik konseling dalam konteks pendidikan dan pembimbingan.
Buku ini membahas teori teori konseling dengan sistematika yang memudahkan mahasiswa jurusan bimbingan konseling maupun konselor sekolah untuk mempelajari dan melaksanakan pendekatan konseling yang dipilih dan digunakannya dengan baik Adapun sistematika pembahasannya menggunakan pendekatan sebagai berikut Pertama dibahas hakekat manusia menurut aliran teori dari pendekatan konseling yang merupakan pandangan filosofis dari teori tentang hakekat manusia itu sendiri Dengan demikian mahasiswa bimbingan konseling maupun guru pembimbing konselor sekolah dapat memahami pandangan teori ini tentang hakekat manusia yang mendasarinya Kedua konsep dasar Konsep dasar ini merupakan konsep pokok atau konsep kunci dari pendekatan konseling tersebut Ketiga perkembangan tingkah laku yang menguraikan tentang hakekat sehat dan hakekat sakit menurut pandangan teori pendekatan konseling yang dibahas Keempat kondisi kondisi pengubahan yaitu syarat syarat atau kondisi kondisi tertentu yang harus dipenuhi untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang diharapkan Dan kelima mekanisme pengubahan Mengupas langkah langkah dalam melaksanakan proses konseling serta teknik teknik yang digunakan dalam memecahkan masalah
Jumlah Halaman | 104 |
---|---|
Kategori | Psikologi |
Penerbit | Garudhawaca |
Tahun Terbit | 2013 |
ISBN | 978-602-7949-04-1 |
eISBN |