Sinopsis Buku Ensiklopedi Tematis Mutu Guru Buku *Ensiklopedi Tematis Mutu Guru* ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu guru pada tingkat yang lebih luas, serta memperkuat mutu pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), hingga Madrasah Aliyah (MA). Buku ini disusun dengan harapan agar para guru, baik yang sedang mengabdikan diri maupun yang sedang dalam proses pembelajaran, dapat memiliki wawasan yang lebih luas dan kompetensi yang lebih baik dalam menjalankan tugas pokoknya. Buku ini terdiri dari tiga bab utama. Bab pertama membahas tentang pentingnya guru yang kompeten dan standar mutu guru yang harus dicapai. Bab kedua menjelaskan konsep tentang guru kompeten, termasuk pengertian, peran, dan sifat-sifat yang dimiliki oleh seorang guru yang kompeten. Bab ketiga berfokus pada profesionalitas dasar guru kompeten, seperti kesesuaian latar belakang pendidikan, tugas dan pekerjaan seorang guru, serta syarat-syarat yang harus dipenuhi agar seorang guru dapat dianggap kompeten. Selain itu, buku ini juga menggambarkan tantangan yang dihadapi guru dalam menghadapi perubahan kurikulum dan lingkungan pendidikan, serta pentingnya peningkatan kualitas guru sebagai salah satu upaya untuk mendukung pelaksanaan kurikulum yang lebih efektif dan bermutu. Buku ini juga menekankan pentingnya pendekatan pendidikan yang berfokus pada peserta didik, menghargai keragaman, serta mendorong kebebasan berpendapat dan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar-mengajar. Dengan informasi yang terstruktur dan komprehensif, *Ensiklopedi Tematis Mutu Guru* menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, calon pendidik, dan para pembaca yang tertarik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Sinopsis Buku Ensiklopedi Tematis Mutu Guru Buku *Ensiklopedi Tematis Mutu Guru* ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu guru pada tingkat yang lebih luas, serta memperkuat mutu pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), hingga Madrasah Aliyah (MA). Buku ini disusun dengan harapan agar para guru, baik yang sedang mengabdikan diri maupun yang sedang dalam proses pembelajaran, dapat memiliki wawasan yang lebih luas dan kompetensi yang lebih baik dalam menjalankan tugas pokoknya. Buku ini terdiri dari tiga bab utama. Bab pertama membahas tentang pentingnya guru yang kompeten dan standar mutu guru yang harus dicapai. Bab kedua menjelaskan konsep tentang guru kompeten, termasuk pengertian, peran, dan sifat-sifat yang dimiliki oleh seorang guru yang kompeten. Bab ketiga berfokus pada profesionalitas dasar guru kompeten, seperti kesesuaian latar belakang pendidikan, tugas dan pekerjaan seorang guru, serta syarat-syarat yang harus dipenuhi agar seorang guru dapat dianggap kompeten. Selain itu, buku ini juga menggambarkan tantangan yang dihadapi guru dalam menghadapi perubahan kurikulum dan lingkungan pendidikan, serta pentingnya peningkatan kualitas guru sebagai salah satu upaya untuk mendukung pelaksanaan kurikulum yang lebih efektif dan bermutu. Buku ini juga menekankan pentingnya pendekatan pendidikan yang berfokus pada peserta didik, menghargai keragaman, serta mendorong kebebasan berpendapat dan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar-mengajar. Dengan informasi yang terstruktur dan komprehensif, *Ensiklopedi Tematis Mutu Guru* menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, calon pendidik, dan para pembaca yang tertarik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Jumlah Halaman | 114 |
---|---|
Kategori | Ensiklopedia |
Penerbit | Sinergi Prima Magna |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-6321-06-0 |
eISBN | 978-623-7057-51-2 |