Sinopsis Singkat Buku Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya Buku ini membahas tentang perkembangan emosi pada anak usia dini, sekaligus memberikan strategi untuk mengembangkan emosi tersebut secara efektif dan bermakna. Dalam dua bagian utama, buku ini menyajikan konsep-konsep teoritis mengenai emosi, termasuk etiologi dan bentuk-bentuk permasalahan emosi yang sering dihadapi anak usia dini. Bagian pertama membahas aspek teoritis, sementara Bagian Kedua fokus pada strategi praktis, seperti stimulasi dan kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperkaya pengembangan emosi anak. Buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh konkret, seperti cerita senam fantasi, yang dapat menjadi panduan bagi para pendidik, guru, dan orang tua dalam membangun lingkungan yang mendukung pertumbuhan emosional anak. Buku ini dirancang sebagai panduan praktis dan ilmiah yang dapat digunakan oleh mahasiswa, pendidik, dan calon pendidik dalam memahami dan menerapkan konsep pengembangan emosi pada anak usia dini.
Sigmund Freud dalam studi tentang kepribadian mengisyaratkan pentingnya pembentukan struktur kepribadian pada beberapa tahun pertama kehidupan Dalam banyak hal masa kanak kanak usia dini merupakan periode kritis pertumbuhan personal Karena itu perkembangan emosi anak usia dini serta mengoptimalkannya telah menjadi suatu kajian keilmuan dan studi intens dalam bidang Psikologi Memahami gejala emosi anak mendorong berbagai kalangan para pengajar dosen mahasiswa keluarga dan orang tua praktisi di segala bidang keilmuan dan psikolog untuk mengapresiasi kompleksitas kepribadian anak usia dini dan nilai ilmiah serta praktis teorisasi sistematis tentang kepribadian individu Kecenderungan terjadinya peningkatan gangguan emosi dan sosial anak usia dini tidak hanya terjadi di negara tertentu tetapi telah menjadi fenomena global Berbagai penelitian tentang peran penting emosi dan stimulasi emosi anak usia dini masih sangat terbatas Melalui buku ini diharapkan para mahasiswa pengajar keluarga dan orang tua serta para praktisi dapat memahami dan menemukan teori perkembangan emosi anak yang memiliki makna pribadi dan berguna dalam membentuk kepribadian anak sejak usia dini