1 Bab I PENDAHULUAN Media Massa adalah kelas yang mengatur Demikian premis teori Marxis tentang posisi media dalam sistem kapitalisme modern Media massa diyakini bukan sekadar medium lalu lintas pesan antara unsur unsur sosial dalam suatu masyarakat melainkan juga berfungsi sebagai alat penundukan dan pemaksaan konsensus oleh kelompok yang secara ekonomi dan politik dominan Melalui pola kepemilikan dan melalui produk produk yang disajikan media adalah perangkat ideologis yang melanggengkan dominasi kelas pemodal terhadap publik yang diperlakukan semata mata sebagai konsumen dan terhadap pemegang kekuasaan untuk memuluskan lahirnya regulasiregulasi yang pro pasar Sejarah menunjukkan media massa pada akhirnya mencapai puncak perkembangan sebagai lembaga kunci dalam masyarakat modern Media massa mampu mempresentasikan diri sebagai ruangpublik yang utama dan turut menentukan dinamika sosial politik dan budaya di tingkat lokal maupun global Media juga menjadi medium pengiklanan utama yang secara signifikan mampu meningkatkan penjualan produk barang dan jasa Media massa mampu menghasilkan surplus ekonomi dengan menjalankan peran penghubung antara dunia produksi dan konsumsi Namun hampir selalu terlambat disadari bahwa media massa di sisi lain juga1 Bab I PENDAHULUAN Media Massa adalah kelas yang mengatur Demikian premis teori Marxis tentang posisi media dalam sistem kapitalisme modern Media massa diyakini bukan sekadar medium lalu lintas pesan antara unsur unsur sosial dalam suatu masyarakat melainkan juga berfungsi sebagai alat penundukan dan pemaksaan konsensus oleh kelompok yang secara ekonomi ...dan politik dominan Melalui pola kepemilikan dan melalui produk produk yang disajikan media adalah perangkat ideologis yang melanggengkan dominasi kelas pemodal terhadap publik yang diperlakukan semata mata sebagai konsumen dan terhadap pemegang kekuasaan untuk memuluskan lahirnya regulasiregulasi yang pro pasar Sejarah menunjukkan media massa pada akhirnya mencapai puncak perkembangan sebagai lembaga kunci dalam masyarakat modern Media massa mampu mempresentasikan diri sebagai ruangpublik yang utama dan turut menentukan dinamika sosial politik dan budaya di tingkat lokal maupun global Media juga menjadi medium pengiklanan utama yang secara signifikan mampu meningkatkan penjualan produk barang dan jasa Media massa mampu menghasilkan surplus ekonomi dengan menjalankan peran penghubung antara dunia produksi dan konsumsi Namun hampir selalu terlambat disadari bahwa media massa di sisi lain juga