Logo Bacabuku
Ekonomi Politik Komunikasi Sebuah Realitas Industri Media Di Indonesia

Ekonomi Politik Komunikasi Sebuah Realitas Industri Media Di Indonesia

Isma Adila; Arif Budi Prasetya
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku *Ekonomi Politik Komunikasi: Sebuah Realitas Industri Media di Indonesia* karya Isma Adila dan Arif Budi Prasetya ini membahas dinamika kompleks dalam industri media di Indonesia, khususnya dalam konteks ekonomi politik komunikasi. Buku ini menjelaskan bagaimana media tidak hanya sebagai alat penyampaian informasi, tetapi juga sebagai entitas sosial yang terlibat dalam berbagai relasi kekuasaan, termasuk hubungan antara pemilik modal, kekuasaan politik, dan kepentingan pasar. Buku ini mengupas berbagai bentuk distorsi dalam dunia pers, termasuk distorsi dari peraturan perundang-undangan, birokrasi, masyarakat, dan perusahaan pers itu sendiri. Contoh-contoh nyata seperti kekerasan terhadap wartawan, pengaruh campur tangan pejabat terhadap kebijakan pemberitaan, serta praktik-praktik korupsi dalam industri media disajikan sebagai bukti nyata dari ketimpangan dan ketidakadilan dalam proses pembangunan wacana sosial. Selain itu, buku ini juga membahas sanksi hukum terkait pelanggaran hak cipta dalam konteks ekonomi komunikasi, serta peran media sebagai alat hegemoni yang dipakai oleh kapitalisme untuk membangun dominasi dalam masyarakat. Buku ini juga menjelaskan prinsip-prinsip industri media yang menganggap informasi sebagai komoditas yang harus mampu memenuhi kebutuhan, bahkan menciptakan kebutuhan, dalam upaya memenangkan persaingan pasar. Dengan pendekatan yang analitis dan mendalam, buku ini menjadi referensi penting bagi siapa pun yang ingin memahami realitas industri media di Indonesia, serta tantangan dan dinamika yang melatarbelakanginya.

Sinopsis ebook

Buku ini memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai bagaimana relasi dalam ekonomi politik komunikasi yang berkelindan pada penggunaan sumber daya untuk menghasilkan konten yang didistribusikan kepada audiens masyarakat Lebih jauh lagi buku ini juga akan membedah konsep dan praktek komodifikasi komersialisasi spesialisasi dan strukturisasi dalam industri media di Indonesia

Detail Buku

Jumlah Halaman 152
Kategori Sosial
Penerbit UB PRESS
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-623-296-026-8
eISBN 978-623-296-025-1
Ekonomi Politik Komunikasi Sebuah Realitas Industri Media Di Indonesia

Ekonomi Politik Komunikasi Sebuah Realitas Industri Media Di Indonesia

Isma Adila; Arif Budi Prasetya