Festival telah menjadi salah satu kunci penting suksesnya promosi dan branding sebuah destinasi Buku ini diharapkan menjadi salah satu rujukan tentang festival dan dampaknya terhadap citra sebuah daerah Ekonomi festival menjadi sebuah cabang baru yang menarik dalam ilmu ekonomi yang mengkolaborasikan disiplin ilmu yang berbeda seperti manajemen event pariwisata berkelanjutan dan destination branding Dalam stage pembangunan pengembangan ekonomi festival menjadi stage yang tinggi karena mampu mengelaborasi peran kreativitas dalam menciptakan nilai tambah bagi sebuah produk maupun jasa Dalam buku ini selain akan dijelaskan tentang teori teori yang relevan dengan penyelenggaraan event juga akan diulas tentang lesson learned suksesnya festival di berbagai belahan dunia dan di Indonesia Kabupaten Banyuwangi dapat menjadi contoh suksesnya penyelenggaraan festival yang mampu melibatkan perangkat daerah dan stakeholders sehingga mampu menyajikan sebuah pertunjukan yang luar biasa Saat ini Banyuwangi telah mengubah citranya menjadi lebih baik dan menjadi rujukan contoh bagi wilayah wilayah lain di Indonesia tentang bagaimana mendorong sektor pariwisata mengelola sebuah birokrasi dan melibatkan masyarakat luas dalam pembangunan Suksesnya pembangunan dan penyelenggaraan festival di Kabupaten Banyuwangi mampu menjadi sebuah soft diplomacy sehingga berdampak pada tingginya jumlah investasi masuk ke wilayah ini Selain itu dengan diadakannya festival mendorong talenta talenta lokal untuk tumbuh dan eksis sehingga anak anak muda kreatif semakin bangga dan percaya diri terhadap budaya dan kearifan lokal yang mereka miliki Terakhir festival menjadi media untuk mendorong aktivitas ekonomi lokal khususnya UMKM Hal ini disebabkan karena promosi dan branding mendorong minat wisatawan untuk datang sekaligus menciptakan potensi potensi bisnis baru Oleh karena itu manajemen sebuah festival yang profesional yang diiringi dengan konsep pariwisata yang berkelanjutan akan memberikan efek multiplier sosial dan ekonomi yang luas Sehingga sebagai bagian dari promosi dan branding daerah penyelenggaraan festival harus memiliki visi dan misi yang jelas serta sebuah manajemen dari kepemimpinan yang visioner serta melibatkan seluruh lapisan masyarakat yang ada di dalamnya Festival telah menjadi salah satu kunci penting suksesnya promosi dan branding sebuah destinasi Buku ini diharapkan menjadi salah satu rujukan tentang festival dan dampaknya terhadap citra sebuah daerah Ekonomi festival menjadi sebuah cabang baru yang menarik dalam ilmu ekonomi yang mengkolaborasikan disiplin ilmu yang berbeda seperti manajemen event pariwisata berkelanjutan dan ...destination branding Dalam stage pembangunan pengembangan ekonomi festival menjadi stage yang tinggi karena mampu mengelaborasi peran kreativitas dalam menciptakan nilai tambah bagi sebuah produk maupun jasa Dalam buku ini selain akan dijelaskan tentang teori teori yang relevan dengan penyelenggaraan event juga akan diulas tentang lesson learned suksesnya festival di berbagai belahan dunia dan di Indonesia Kabupaten Banyuwangi dapat menjadi contoh suksesnya penyelenggaraan festival yang mampu melibatkan perangkat daerah dan stakeholders sehingga mampu menyajikan sebuah pertunjukan yang luar biasa Saat ini Banyuwangi telah mengubah citranya menjadi lebih baik dan menjadi rujukan contoh bagi wilayah wilayah lain di Indonesia tentang bagaimana mendorong sektor pariwisata mengelola sebuah birokrasi dan melibatkan masyarakat luas dalam pembangunan Suksesnya pembangunan dan penyelenggaraan festival di Kabupaten Banyuwangi mampu menjadi sebuah soft diplomacy sehingga berdampak pada tingginya jumlah investasi masuk ke wilayah ini Selain itu dengan diadakannya festival mendorong talenta talenta lokal untuk tumbuh dan eksis sehingga anak anak muda kreatif semakin bangga dan percaya diri terhadap budaya dan kearifan lokal yang mereka miliki Terakhir festival menjadi media untuk mendorong aktivitas ekonomi lokal khususnya UMKM Hal ini disebabkan karena promosi dan branding mendorong minat wisatawan untuk datang sekaligus menciptakan potensi potensi bisnis baru Oleh karena itu manajemen sebuah festival yang profesional yang diiringi dengan konsep pariwisata yang berkelanjutan akan memberikan efek multiplier sosial dan ekonomi yang luas Sehingga sebagai bagian dari promosi dan branding daerah penyelenggaraan festival harus memiliki visi dan misi yang jelas serta sebuah manajemen dari kepemimpinan yang visioner serta melibatkan seluruh lapisan masyarakat yang ada di dalamnya