Sinopsis Buku: Buku ini menjelaskan musik dari perspektif ilmiah, sains, dan matematis, dengan harapan agar musik tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang abstrak, melainkan bisa dipahami secara konkret. Penulis, Eya Grimonia, seorang musisi muda yang sudah berpengalaman di berbagai panggung seni pertunjukan, membagikan wawasannya tentang musik, khususnya biola, berdasarkan prinsip-prinsip sains. Buku ini tidak hanya membahas fenomena dan sejarah musik, tetapi juga teknik dan skill bermain alat musik, serta menggali filosofi musik yang mendasar. Dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, buku ini menjadi panduan yang bermanfaat bagi siapa pun yang ingin memahami musik secara lebih mendalam, baik dari segi teknis, kreatif, maupun ilmiah. Buku ini menjadi bukti bahwa pengetahuan musik bisa diakses oleh generasi muda, dan menjadi khazanah pustaka musik Indonesia yang bernilai.
Dalam buku ini saya berusaha membahas pertanyaan itu berdasarkan apa yang saya ketahui Bagi sebagian orang musik sering dianggap sebagai sesuatu yang abstrak Karenanya di buku ini saya ingin menjelaskan musik agar bisa dipahami dari sisi yang non abstrak Artinya musik bisa dipaparkan secara ilmiah bisa dibahas dari sisi sains dan dijelaskan secara matematis Bukan hanya fenomena dan sejarah musik saya juga membahas teknik dan skill musik khususnya biola Memang tidak secara detail tapi saya berusaha memperkenalkan cara kerja dan cara memainkan alat musik ini secara benar berdasarkan prinsip prinsip sains Penjelasan para guru dan buku yang pernah saya baca semua menjadi bahan renungan Proses belajar itu lahir menjadi skill pengetahuan dan filosofi musik yang kini saya pahami Pengetahuan saya masih terbatas dan saya masih dalam proses yang panjang untuk belajar musik Saya selalu menyakini bahwa saya tidak banyak tahu Dunia musik begitu luas dan saya adalah salah satu titik kecilnya
Jumlah Halaman | 140 |
---|---|
Kategori | Studi dan Pengajaran |
Penerbit | Nuansa Cendekia |
Tahun Terbit | 2014 |
ISBN | 978-602-7768-50-5 |
eISBN | 978-602-350-236-3 |