Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis yang dirancang untuk membantu guru dan orang tua dalam mengenali, mendeteksi, dan menangani anak-anak yang mengalami gangguan belajar, khususnya disleksia. Buku ini menjelaskan secara mendasar tentang konsep dan ciri-ciri disleksia, serta memberikan langkah-langkah untuk melakukan deteksi dan diagnosis secara informal, mengingat belum tersedia protokol resmi yang diakui secara nasional. Selain itu, buku ini juga memberikan rekomendasi strategi penanganan yang efektif di sekolah dan di rumah, serta memotivasi guru dan orang tua untuk bersikap kreatif dan empatik dalam mendukung perkembangan anak-anak yang mengalami kesulitan belajar. Buku ini menjadi referensi yang berguna bagi para pendidik, praktisi, dan orang tua dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus.
Disleksia adalah salah satu masalah dalam masalah gangguan belajar spesifik specific learning disability Gangguan belajar spesifik dikenal dengan pembagiannya disleksia diskalkulia dan disgrafia Dalam buku ini dijelaskan tentang penyebab manisfestasi penanganan masalah gangguan belajar dan juga harus dibedakan dengan masalah kesulitan belajar yang disebabkan karena lingkungan atau diri sendiri Penjelasan selanjutnya lebih diarahkan pada persoalan persoalan disleksia dan penanganannya Dengan memahami latar belakang dan bagaimana proses munculnya masalah disleksia diharapkan kita akan juga memahami bagaimana mengatasi masalah yang ada pada murid maupun anak anak kita Bukan saja memberikan toleransi dispensasi melatih keterampilan dan kemampuan dan memberinya alat alat bantu agar mampu menyandang gangguannya dan berfungsi dengan baik dalam meraih prestasi di sekolah Namun kita juga harus mampu menjaga perkembangan sosial emosionalnya agar ia tidak mengalami demotivasi belajar dan kefrustrasian yang bisa membawanya pada kesulitan kesulitan lain Buku ini sangat bermanfaat bagi orangtua guru serta praktisi lain yang berhubungan dengan anak penyandang disleksia
Jumlah Halaman | 144 |
---|---|
Kategori | Pendidikan Anak Usia Dini( PAUD ) |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-383-008-4 |
eISBN | 978-602-383-036-7 |