Sinopsis Buku: Buku ini merupakan karya akademik yang ditujukan untuk para mahasiswa tingkat sarjana (S1) yang sedang mengikuti mata kuliah *Discourse Analysis* di Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Medan (UNIMED), serta Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sumatera Utara (USU). Buku ini juga dapat menjadi referensi bagi para pembaca yang tertarik pada studi penggunaan bahasa dan konteks sosial. Buku ini didasarkan pada teori *Systemic Functional Linguistics* (SFL) yang dikembangkan oleh M.A.K. Halliday (2004; 2005) dan para sistemik lainnya seperti J.R. Martin (1992), Martin dan Rose (2007), serta Eggins. Teori SFL ini digunakan sebagai dasar untuk menganalisis wacana dalam konteks sosial, ekonomi, dan budaya Indonesia. Dalam konteks pendidikan, teori SFL terbukti sangat relevan dalam membantu pengembangan program pembelajaran dan penggunaan bahasa dalam lingkungan pendidikan yang sedang berkembang. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dukungan, motivasi, dan bimbingan selama proses penulisan buku ini, termasuk Prof. Dr. Amrin Saragih, M.A., Ph.D, serta para rekan akademik yang terlibat dalam penyebarkan teori SFL di Indonesia. Buku ini tidak hanya menyajikan konsep-konsep teoretis, tetapi juga memberikan wawasan praktis mengenai penerapan teori SFL dalam analisis wacana dan konteks sosial Indonesia. Dengan pendekatan yang sistematis dan akademis, buku ini diharapkan dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi para mahasiswa, peneliti, dan pembaca yang tertarik pada studi bahasa, terutama dalam konteks pendidikan dan wacana sosial.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan karya akademik yang ditujukan untuk para mahasiswa tingkat sarjana (S1) yang sedang mengikuti mata kuliah *Discourse Analysis* di Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Medan (UNIMED), serta Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sumatera Utara (USU). Buku ini juga dapat menjadi referensi bagi para pembaca yang tertarik pada studi penggunaan bahasa dan konteks sosial. Buku ini didasarkan pada teori *Systemic Functional Linguistics* (SFL) yang dikembangkan oleh M.A.K. Halliday (2004; 2005) dan para sistemik lainnya seperti J.R. Martin (1992), Martin dan Rose (2007), serta Eggins. Teori SFL ini digunakan sebagai dasar untuk menganalisis wacana dalam konteks sosial, ekonomi, dan budaya Indonesia. Dalam konteks pendidikan, teori SFL terbukti sangat relevan dalam membantu pengembangan program pembelajaran dan penggunaan bahasa dalam lingkungan pendidikan yang sedang berkembang. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dukungan, motivasi, dan bimbingan selama proses penulisan buku ini, termasuk Prof. Dr. Amrin Saragih, M.A., Ph.D, serta para rekan akademik yang terlibat dalam penyebarkan teori SFL di Indonesia. Buku ini tidak hanya menyajikan konsep-konsep teoretis, tetapi juga memberikan wawasan praktis mengenai penerapan teori SFL dalam analisis wacana dan konteks sosial Indonesia. Dengan pendekatan yang sistematis dan akademis, buku ini diharapkan dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi para mahasiswa, peneliti, dan pembaca yang tertarik pada studi bahasa, terutama dalam konteks pendidikan dan wacana sosial.
Jumlah Halaman | 240 |
---|---|
Kategori | Bahasa Dan Sastra |
Penerbit | UMSU Press |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6888-78-0 |
eISBN | 978-623-6888-79-7 |