Sinopsis Buku: Buku ini membahas dinamika pengembangan destinasi wisata berbasis masyarakat di era 4.0, dengan fokus utama pada desa wisata sebagai salah satu bentuk pengembangan pariwisata yang berkelanjutan dan berpartisipasi aktif dari masyarakat setempat. Dalam buku ini, dibahas berbagai aspek kritis dalam pengembangan desa wisata, seperti kriteria desa wisata, pendekatan pengembangan, peningkatan kapasitas masyarakat, pengemasan, branding, dan pemasaran desa wisata. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pengembangan wisata berbasis kelompok atau komunitas masyarakat, serta model pengembangan berbasis CBT (Community-Based Tourism) yang menjadi strategi efektif dalam mengintegrasikan pariwisata dengan pembangunan lokal. Buku ini memberikan panduan terstruktur dan komprehensif bagi pemangku kepentingan, baik pemerintah daerah, pengelola desa, maupun pelaku wisata, dalam membangun destinasi wisata yang berkelanjutan, inklusif, dan berdaya saing di tengah transformasi digital dan teknologi era 4.0. Dengan pendekatan berbasis masyarakat, buku ini menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan dan pengembangan destinasi wisata, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat desa.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas dinamika pengembangan destinasi wisata berbasis masyarakat di era 4.0, dengan fokus utama pada desa wisata sebagai salah satu bentuk pengembangan pariwisata yang berkelanjutan dan berpartisipasi aktif dari masyarakat setempat. Dalam buku ini, dibahas berbagai aspek kritis dalam pengembangan desa wisata, seperti kriteria desa wisata, pendekatan pengembangan, peningkatan kapasitas masyarakat, pengemasan, branding, dan pemasaran desa wisata. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pengembangan wisata berbasis kelompok atau komunitas masyarakat, serta model pengembangan berbasis CBT (Community-Based Tourism) yang menjadi strategi efektif dalam mengintegrasikan pariwisata dengan pembangunan lokal. Buku ini memberikan panduan terstruktur dan komprehensif bagi pemangku kepentingan, baik pemerintah daerah, pengelola desa, maupun pelaku wisata, dalam membangun destinasi wisata yang berkelanjutan, inklusif, dan berdaya saing di tengah transformasi digital dan teknologi era 4.0. Dengan pendekatan berbasis masyarakat, buku ini menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan dan pengembangan destinasi wisata, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat desa.
Jumlah Halaman | 106 |
---|---|
Kategori | Pariwisata - Tata Boga - Tata Busana |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-462-522-1 |
eISBN |