Secara faktual hubungan antara pendidikan dengan penguasa tidak dapat terpisahkan akan tetapi tupoksinya yang menjadi perdebatan sengit Tentunya kondisi di masa klasik mencari lembaga pendidikan Islam klasik yang memiliki kemandirian penuh atau dapat kita sebut otonomi sulit ditemukan Karena saat itu pengaruh penguasa terhadap jalannya proses pendidikan diberbagai lembaga pendidikan Islam sangat kuat Bahkan dikatakan bahwa lembaga pendidikan Islam klasik tidak akan mampu menyebarkan syiarnya tanpa dukungan dari penguasa Keikutsertaan penguasa terhadap pendidikan tidak hanya pada dukungan moral seperti pendanaan dari wakaf penguasa melainkan administrasi keuangan serta kurikulum Ketergantungan lembaga pendidikan Islam klasik kepada penguasa mengharuskan konsep pendidikannya sejalan dengan nuansa politik yang berlaku saat ituSecara faktual hubungan antara pendidikan dengan penguasa tidak dapat terpisahkan akan tetapi tupoksinya yang menjadi perdebatan sengit Tentunya kondisi di masa klasik mencari lembaga pendidikan Islam klasik yang memiliki kemandirian penuh atau dapat kita sebut otonomi sulit ditemukan Karena saat itu pengaruh penguasa terhadap jalannya proses pendidikan diberbagai lembaga pendidikan Islam ...sangat kuat Bahkan dikatakan bahwa lembaga pendidikan Islam klasik tidak akan mampu menyebarkan syiarnya tanpa dukungan dari penguasa Keikutsertaan penguasa terhadap pendidikan tidak hanya pada dukungan moral seperti pendanaan dari wakaf penguasa melainkan administrasi keuangan serta kurikulum Ketergantungan lembaga pendidikan Islam klasik kepada penguasa mengharuskan konsep pendidikannya sejalan dengan nuansa politik yang berlaku saat itu