Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dalam mendesain, mengembangkan, dan mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Madrasah. Buku ini ditujukan bagi para guru, pengelola pendidikan, dan semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran di lingkungan madrasah. Buku ini dirancang untuk membantu memahami dan menerapkan perubahan-perubahan yang signifikan dalam kurikulum, yang sejalan dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang telah diubah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015. Kurikulum 2013 mengalami perombakan terhadap empat standar nasional pendidikan, yaitu standar kompetensi lulusan (SKL), standar isi (SI), standar proses, dan standar penilaian. Perubahan tersebut menuntut pergeseran dalam konsep dan strategi pembelajaran, dengan fokus pada pengembangan kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan peserta didik. Dalam konteks ini, peran guru menjadi sangat kritis, karena guru harus mampu mewujudkan pembelajaran yang inovatif, progresif, dan kontekstual, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan nilai-nilai yang diterima peserta didik. Buku ini dilengkapi dengan berbagai materi pendukung, seperti Regulasi Kurikulum 2013 di Madrasah, Buku Guru dan Buku Siswa, Silabus, Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta Model Laporan Hasil Belajar Peserta Didik (LHBPD). Selain itu, buku ini juga memuat kutipan Pasal 113 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, yang menjelaskan sanksi-sanksi hukum terkait pelanggaran hak cipta dalam penggunaan materi pembelajaran secara komersial. Dengan demikian, buku ini tidak hanya menjadi panduan praktis dalam pengembangan kurikulum, tetapi juga menjadi referensi penting dalam memastikan keberlanjutan dan kualitas pendidikan di madrasah.
Madrasah sebagai salah satu tembaga pendidikan keagamaan yang memiliki keunggulan dalam membangun komitmen keagamaan jelas memiliki prospek yang sangat baik Aspek kemandirian yang selama ini dimiliki oleh madrasah merupakan modal utama dalam memijak kan tekad untuk memperbaiki kualitas dunia kependidikan di Indonesia Untuk itu arah kebijakan pengembangan madrasah masa depan setidaknya harus mengakomodasikan tiga kepentingan mendasar Pertama kepentingan yang memberikan ruang agar aspirasi utama masyarakat khususnya peserta didik dapat tumbuh secara baik dan progresif Kedua kepentingan untuk memperjelas dan memperkukuh keberadaan lembaga pendidikan madrasah sebagai ajang membina warga negara yang cerdas berpengetahuan berkepribadian serta produktif sederajat dengan sistem pendidikan tain Ketiga kepentin gan kebijakan yang mengarahkan pendidikan madrasah agar dapat merespons terhadap tuntutan tuntutan masa depan Berkaitan dengan arah dan pengembangan madrasah berbasis keunggulan tersebut maka diperlukan sinergisitas antara institusi masyarakat swasta dan pemerintah serta pihak yang langsung ataupun tidak langsung dalam proses pendidikan madrasah secara umum Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah merupakan langkah lanjutan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap pengetahuan dan keterampilan secara terpadu Dan kurikulum sendiri merupakan instrumen pendidikan untuk dapat membawa insan Indonesia memiliki kompetensi sikap pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat menjadi pribadi dan warga negara yang produktif kreatif inovatif dan afektif Sesuai dengan amanat Kurikulum 2013 sebagai penyempurnaan Kurikulum Berbasis Kompetensi KBK dan Kurikutum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP bahwa guru sebagai agen pembelajar harus mampu menyajikan proses pembelajaran secara kontekstual dengan melibatkan langsung peran serta peserta didik secara aktif student centre Sebaik apa pun substansi materi ajar tetapi jika guru tidak mampu mengemas secara apik dalam penyampaiannya maka substansi tersebut tidak akan sampai kepada peserta didik Dan bahkan bisa jadi peserta didik menjadi jenuh bosan dan kurang memiliki responsibilitas dan antusiasisme dalam proses pembelajaran Untuk itulah guru harus mampu meramu pembelajarannya menjadi menarik efektif inovatif sehingga mampu mendorong aktivitas dan kreativitas peserta didik Bagaimanakah sebenarnya Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah tersebut Bagaimana pula implementasinya dalam suatu proses pembelajaran Melalui buku BABON ini Anda akan memperoleh gambaran secara jelas bagaimanakah desain pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013 di madrasah dari kerangka konseptual teoretis hingga praktis Sehingga dapat memandu Anda sekaligus mengaptikasikan dalam proses pembelajaran Buku ini sangat cocok untuk lembaga pendidikan RA Madrasah semua jenjang dan juga lembaga pendidikan umum dalam rangka mengembangkan Kurikulum 2013 pada lennbaga mereka juga cocok bagi tenaga pendidik guru dosen narasumber tutor fasilitator para akademisi birokrasi praktisi peneliti pengamat widyaiswara pengawas pendidikan dan tenaga kependidikan tainnya Juga cocok bagi para mahasiswa pendidikan maupun non kependidikan dari semua jenjang strata S 1 PGSD PGMI S 2 PGSD PGMI S 1 regular S 2 maupun S 3 yang berorientasi pada dunia pendidikan
Jumlah Halaman | 426 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-422-230-7 |
eISBN | 978-602-422-944-3 |