p Idealnya setiap pengajar menjadi arsitek dalam merancang kegiatan idealnya setiap pelajar menjadi arsitek dalam merancang kegiatan pembelajarannya demikian pula setiap pengelola program diklat senantiasa mencari jalan meningkatkan kualitas program diklatnya melalui prosedur yang sistematis agar sesuai dengan kebutuhan peserta diklat dan kondisi lembaga diklatnya buku desain pembelajarannya demikian pula setiap pengelola program diklat senantiasa mencari jalan meningkatkan kualitas program diklatnya melalui prosedur yang sistematis agar sesuai dengan kebutuhan peserta diklat dan kondisi lembaga diklatnya p p Buku Desain Pembelajaran Sekolah Dasar ini dimaksudkan untuk digunakan oleh pengajar dan inovator pendidikan keduanya memegang posisi untuk membuat keputusan yang berpengaruh terhadap peserta didik dan sekaligus menentukan kualitas pendidikan p p Dalam buku ini diuraikan suatu proses sistematik dalam membangun sistem pembelajaran atau instruksional sistem yang kreatif efektif dan efisien dengan proses yang seperti itu dosen guru widyaiswara dan pelatih yang selanjutnya disebut pengajar atau tenaga yang bekerja khusus sebagai pendesain pembelajaran akan mampu menghasilkan sistem pembelajaran secara kreatif dan inovatif p p Isi buku ini terdiri dari 12 bab referensi yang digunakan buku ini tidak terbatas pada model desain instruksional yang lama tetapi terutama pada model model yang mutakhir dan paling populer dan paling banyak dijadikan acuan oleh para pendesain pembelajaran di seluruh dunia p p Idealnya setiap pengajar menjadi arsitek dalam merancang kegiatan idealnya setiap pelajar menjadi arsitek dalam merancang kegiatan pembelajarannya demikian pula setiap pengelola program diklat senantiasa mencari jalan meningkatkan kualitas program diklatnya melalui prosedur yang sistematis agar sesuai dengan kebutuhan peserta diklat dan kondisi lembaga diklatnya buku desain pembelajarannya demikian pula ...setiap pengelola program diklat senantiasa mencari jalan meningkatkan kualitas program diklatnya melalui prosedur yang sistematis agar sesuai dengan kebutuhan peserta diklat dan kondisi lembaga diklatnya p p Buku Desain Pembelajaran Sekolah Dasar ini dimaksudkan untuk digunakan oleh pengajar dan inovator pendidikan keduanya memegang posisi untuk membuat keputusan yang berpengaruh terhadap peserta didik dan sekaligus menentukan kualitas pendidikan p p Dalam buku ini diuraikan suatu proses sistematik dalam membangun sistem pembelajaran atau instruksional sistem yang kreatif efektif dan efisien dengan proses yang seperti itu dosen guru widyaiswara dan pelatih yang selanjutnya disebut pengajar atau tenaga yang bekerja khusus sebagai pendesain pembelajaran akan mampu menghasilkan sistem pembelajaran secara kreatif dan inovatif p p Isi buku ini terdiri dari 12 bab referensi yang digunakan buku ini tidak terbatas pada model desain instruksional yang lama tetapi terutama pada model model yang mutakhir dan paling populer dan paling banyak dijadikan acuan oleh para pendesain pembelajaran di seluruh dunia p