Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif dalam merancang dan mengembangkan desain pembelajaran untuk Sekolah Dasar (SD), yang menggabungkan teori dan praktik dalam pendekatan pembelajaran yang efektif. Buku ini terdiri dari berbagai bab yang membahas konsep dasar desain pembelajaran, mulai dari identifikasi kebutuhan pembelajaran, perumusan tujuan instruksional, hingga penyusunan strategi dan evaluasi pembelajaran. Bab-bab dalam buku ini mencakup pentingnya perumusan tujuan instruksional khusus (TIK), konsep dan cara merumuskan TIK, serta hubungan TIK dengan isi pembelajaran. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang alat penilaian hasil belajar, termasuk pengertian tes acuan norma, taksonomi Bloom dua dimensi, dan prinsip validitas, reliabilitas, serta kepraktisan dalam penilaian. Buku ini juga membahas cara mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, serta langkah-langkah dalam melakukan identifikasi tersebut. Selain itu, buku ini menjelaskan tentang penyusunan strategi pembelajaran, pengembangan bahan instruksional, dan tahapan evaluasi formatif serta revisi dalam desain pembelajaran. Dengan berbagai topik yang dijelaskan secara rinci dan terstruktur, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat bermanfaat bagi guru, calon guru, dan semua pihak yang tertarik dalam pengembangan pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar. Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang desain pembelajaran yang efektif dan praktis, serta membantu pembaca dalam merancang pembelajaran yang lebih baik dan lebih bermakna.
Desain pembelajaran merupakan prinsip prinsip penerjemah dari pembelajaran dan instruksi ke dalam rencana rencana untuk bahan bahan dan aktivitas aktivitas instruksional Smith and Ragan 1993 Lebih lanjut mereka mengatakan bahwa desain pembelajaran dapat di anggap sebagai suatu sistem yang berisi banyak komponen yang saling berinteraksi Komponen komponen tersebut harus di kembangkan dan diimplementasikan untuk kelengkapan suatu instruksional
Jumlah Halaman | 267 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV JEJAK |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-247-114-6 |
eISBN | 978-623-247-119-1 |